Soal Kesepakatan Biji-bijian Baru, Ini Kata Putin

Selasa, 05 September 2023 - 01:28 WIB
loading...
A A A


Rusia menghentikan partisipasinya dalam inisiatif yang ditengahi PBB dan Turki pada pertengahan Juli setelah menuduh Barat gagal memenuhi kewajibannya berdasarkan perjanjian tersebut.

Kesepakatan itu dimaksudkan untuk memfasilitasi pengiriman biji-bijian Ukraina ke pasar dunia dengan imbalan pencabutan sanksi Barat terhadap ekspor pertanian Rusia. Moskow berpendapat bahwa pembatasan terhadap produk-produknya masih berlaku dan mengatakan bahwa mereka tidak akan kembali ke perjanjian tersebut sampai AS dan UE memenuhi tujuan perjanjian mereka.

Sementara itu, Turki telah mencoba untuk menghidupkan kembali inisiatif tersebut dengan menyerukan kepada Barat untuk menepati janjinya dan menyerukan perluasan cakupan perjanjian. Ankara juga berpendapat bahwa revisi Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam di masa depan dapat menjadi dasar gencatan senjata atau bahkan kesepakatan damai antara Moskow dan Kiev.

Presiden Erdogan menegaskan pada konferensi pers bahwa Turki bersedia mendukung inisiatif ini dan akan mengirimkan tepung yang terbuat dari biji-bijian Rusia ke negara-negara miskin.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)