Eks Panglima NATO soal Kematian Prigozhin: Ini Memperkuat Putin

Senin, 04 September 2023 - 08:02 WIB
loading...
Eks Panglima NATO soal Kematian Prigozhin: Ini Memperkuat Putin
Mantan Panglima NATO James Stavridis sebut kematian bos tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin hanya memperkuat Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan Panglima NATO James Stavridis mengatakan kematian bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin hanya memperkuat Presiden Rusia Vladimir Putin.

Komentar pensiunan Laksamana Amerika Serikat ini merujuk pada upaya pemberontakan Wagner terhadap militer Rusia pada Juni lalu.

“Ini memperkuat Putin, yang dilemahkan oleh pemberontakan tersebut,” kata Stavridis pada hari Minggu dalam sebuah wawancara dengan pembawa acara bincang-bincang radio John Catsimatidis di “Cats Roundtable” WABC 770 AM.



“Sekarang, dia mendapat sedikit keuntungan, jika Anda mau memaafkan permainan kata-katanya, sedikit kecepatan udaranya,” lanjut Stavridis, yang dilansir The Hill, Senin (4/9/2023).

“Putin kini siap mengembalikan perhatian penuhnya ke Ukraina. Itu kabar buruknya di sini," imbuh dia.

Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat pribadi bersama sembilan orang lainnya pada 23 Agustus 2023 lalu. Pesawat pribadi yang dia tumpangi dari Moskow ke St Petersburg jatuh secara misterius di Tver.

Pejabat intelijen Amerika mengatakan penilaian awal menyimpulkan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh ledakan yang disengaja.

Kremlin telah membantah tuduhan bahwa pihaknya berada di balik kecelakaan itu, namun mengatakan pada hari Rabu lalu bahwa hal itu mungkin disebabkan oleh “kesalahan yang disengaja".

Segera setelah kematian Prigozhin, Stavridis mengatakan masih belum jelas siapa yang kini menjalankan Wagner Group.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)