Ukraina Sukses Tembus Garis Pertahanan Pertama Rusia

Minggu, 03 September 2023 - 09:56 WIB
loading...
Ukraina Sukses Tembus Garis Pertahanan Pertama Rusia
Ukraina sukses menembus garis pertahanan pertama Rusia di dekat Zaporizhzhia. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Setelah berminggu-minggu melakukan pembersihan ranjau dengan susah payah, pasukan Ukraina akhirnya berhasil menembus pertahanan pertama Rusia di dekat Zaporizhzhia. Kini mereka berharap bisa menekan garis pertahanan kedua yang lebih lemah.

Jenderal Ukraina yang memimpin serangan balasan di wilayah selatan, Oleksandr Tarnavskiy, memperkirakan Rusia telah mencurahkan 60% waktu dan sumber dayanya untuk membangun garis pertahanan pertama dan masing-masing hanya 20% untuk membangun garis pertahanan kedua dan ketiga karena Moskow tidak memperkirakan pasukan Ukraina akan berhasil melewatinya.

“Kami sekarang berada di antara garis pertahanan pertama dan kedua,” katanya, berbicara kepada Observer dalam wawancara pertamanya sejak penerobosan tersebut.

Ia mengatakan pasukan Ukraina kini berusaha keluar dari kedua garis yang berhasil diterobos dan mengkonsolidasikan kekuasaan mereka di wilayah yang direbut dalam pertempuran baru-baru ini.

“Di tengah serangan, kami sekarang menyelesaikan penghancuran unit musuh yang melindungi mundurnya pasukan Rusia di belakang garis pertahanan kedua mereka,” ujarnya seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (3/9/2023).

Ladang ranjau yang luas menjebak pasukan Ukraina selama berminggu-minggu ketika pasukan infanteri perlahan-lahan membersihkan rute penyerangan dengan berjalan kaki. Pasukan Rusia di belakangnya hanya berdiri dan menunggu tentara Ukraina, menyerang kendaraan dengan peluru dan drone.

Namun kini penghalang tersebut telah dilewati, Rusia terpaksa melakukan manuver, dan Ukraina kembali menggunakan tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Sebagai tanda bahwa Moskow merasakan tekanan, mereka telah mengerahkan kembali pasukannya ke wilayah tersebut dari garis depan di Ukraina – Kherson di barat dan Lyman di timur laut – dan juga dari dalam wilayah Rusia.

“Musuh sedang menarik cadangan, tidak hanya dari Ukraina tapi juga dari Rusia. Namun cepat atau lambat, Rusia akan kehabisan prajurit terbaiknya. Ini akan memberi kami dorongan untuk menyerang lebih banyak dan lebih cepat,” ujar Tarnavskiy.

“Semuanya ada di depan kita,” ia menambahkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)