5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Sabtu, 02 September 2023 - 16:30 WIB
loading...
5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang
AS memasok amunisi depleted uranium yang memiliki risiko berbahaya untuk jangka panjang. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengirimkan amunisi depleted uranium ke Ukraina di tengah militer tersebut mengalami banyak kesulitan dalam menghadapi tentara Rusia.

Langkah AS itu mengikuti upaya Inggris yang sudah memasok amunisi penembus lapis baja yang mengandung uranium ke Ukraina untuk membantu menghancurkan tank-tank Rusia. Itu merupakan sebuah langkah yang menurut Presiden Vladimir Putin akan memaksa Moskow untuk merespons karena senjata tersebut memiliki "komponen nuklir".

Berikut adalah 5 fakta keunggulan amunisi depleted uranium.

1. Mengandung Nuklir

5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Foto/Reuters

Depleted uranium adalah produk sampingan padat yang tersisa ketika uranium diperkaya untuk digunakan dalam reaktor nuklir atau senjata nuklir.

Uranium yang sudah habis masih bersifat radioaktif tetapi memiliki tingkat isotop U-235 dan U-234 yang jauh lebih rendah – jauh lebih sedikit dibandingkan tingkat bijih uranium alami – sehingga mengurangi radioaktivitasnya.

Bahan ini digunakan dalam senjata karena sangat padat, dapat terbakar sendiri pada suhu dan tekanan tinggi, dan karena bahan ini menjadi lebih tajam - "geseran adiabatik" - saat menembus lapisan baja, menurut Badan Energi Atom Internasional.

“Saat penetrator DU menyerang suatu target, suhu permukaannya meningkat secara dramatis,” demikian keterangan Museum Radiasi dan Radioaktivitas Oak Ridge Associated Universities (ORAU) di Tennessee, Amerika Serikat.

"Hal ini menyebabkan pelunakan lokal pada apa yang dikenal sebagai 'pita geser adiabatik' dan pengelupasan sebagian permukaan proyektil. Hal ini membuat ujungnya tetap tajam dan mencegah efek menjamur yang terjadi pada tungsten."

“Ketika DU menembus kendaraan sasaran, pecahan yang lebih besar cenderung mengunyah apa pun yang ada di dalamnya, sementara sifat piroforik uranium meningkatkan kemungkinan bahan bakar dan amunisi kendaraan tersebut meledak.”

Artinya ketika benda tersebut mengenai lapis baja tank, ia akan menembus dalam sekejap mata sebelum meledak menjadi awan debu dan logam yang terbakar, sementara suhu yang melonjak akan meledakkan bahan bakar dan amunisi tank.

Baca Juga: Putus Asa Hadapi Ketangguhan Tentara Rusia, AS Akan Kirim Amunisi Depleted Uranium ke Ukraina

2. Diproduksi Negara yang Memiliki Senjata Nuklir

5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Foto/Reuters

Amerika Serikat, Inggris, Rusia, China, Prancis dan Pakistan memproduksi senjata uranium, yang tidak diklasifikasikan sebagai senjata nuklir. Itu Diungkapkan Koalisi Internasional untuk Melarang Senjata Uranium.

Sebanyak 14 negara bagian lainnya diketahui menyimpannya.

3. Berdampak Jangka Panjang

5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Foto/Reuters

Ada banyak penelitian mengenai - dan kontroversi mengenai - dampak paparan senjata uranium yang sudah habis, terutama di medan perang di mana amunisi tersebut digunakan dalam Perang Teluk tahun 1990-1991 dan dalam pemboman NATO di Yugoslavia tahun 1999.

Sekitar 340 ton depleted uranium digunakan dalam amunisi selama Perang Teluk tahun 1991, dan diperkirakan 11 ton di Balkan pada akhir tahun 1990an. Itu diungkapkan Royal Society, sebuah persekutuan ilmuwan yang berbasis di London.

Menelan atau menghirup uranium dalam jumlah banyak - bahkan uranium yang sudah habis - berbahaya: menekan fungsi ginjal dan meningkatkan risiko berkembangnya berbagai jenis kanker.

Penentang senjata tersebut, seperti Koalisi Internasional untuk Melarang Senjata Uranium, mengatakan debu yang dihasilkan oleh senjata tersebut dapat terhirup, sementara amunisi yang tidak tepat sasaran dapat meracuni air tanah dan tanah.

Negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris mengatakan depleted uranium adalah alat yang baik untuk menghancurkan tank modern. Inggris mengatakan dalam panduannya bahwa menghirup debu uranium yang sudah habis dalam jumlah yang cukup untuk menyebabkan cedera akan sulit dilakukan.

4. Mencemari Lingkungan

5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Foto/Reuters

Royal Society mengatakan dalam sebuah laporan pada tahun 2002 bahwa risiko terhadap ginjal dan organ lain dari penggunaan amunisi depleted uranium sangat rendah bagi sebagian besar tentara di medan perang dan bagi mereka yang tinggal di daerah konflik.

“Dalam kondisi ekstrem dan dalam asumsi terburuk, tentara yang menerima DU dalam jumlah besar dapat menderita efek buruk pada ginjal dan paru-paru,” kata Royal Society.

“Pencemaran lingkungan akan sangat bervariasi namun dalam sebagian besar kasus, risiko kesehatan yang terkait dengan DU akan sangat rendah. Dalam beberapa skenario terburuk, kadar uranium dalam jumlah tinggi dapat terjadi pada makanan atau air yang dapat berdampak buruk pada ginjal.”

IAEA mengatakan sejumlah kecil veteran perang Teluk memiliki pecahan uranium yang tertanam di dalam tubuh mereka yang tidak dapat dioperasi sehingga menyebabkan peningkatan tingkat ekskresi DU dalam urin tetapi tidak ada dampak kesehatan yang dapat diamati.

Penelitian terhadap tentara menunjukkan bahwa para veteran “menunjukkan peningkatan angka kematian yang kecil (tidak signifikan secara statistik), namun peningkatan ini disebabkan oleh kecelakaan, bukan penyakit,” kata IAEA. “Hal ini tidak dapat dikaitkan dengan paparan apa pun terhadap DU.”

Laporan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai dampak uranium yang habis di Serbia dan Montenegro menemukan "tidak ada kontaminasi yang signifikan dan meluas".

peningkatan kejadian penyakit ganas di Serbia dan peningkatan jumlah kematian akibat tumor ganas.

5. Bukan Perang Nuklir

5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Foto/Reuters

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa jika peluru semacam itu diberikan, maka Rusia harus memberikan respons yang sesuai, tanpa merinci apa yang akan terjadi dalam respons tersebut. Dia mengatakan bahwa Barat menggunakan senjata dengan komponen nuklir.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan peluru uranium yang habis tidak hanya membunuh orang-orang yang menjadi sasarannya tetapi juga menyebabkan “kerusakan besar” baik bagi mereka yang menggunakan senjata tersebut maupun bagi warga sipil yang tinggal di zona perang.

Zakharova mengatakan ada peningkatan tajam kasus kanker di Yugoslavia setelah penggunaan amunisi tersebut oleh aliansi militer NATO pada tahun 1999.

Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan tidak ada eskalasi nuklir dari tindakan tersebut.

“Penting untuk memastikan semua orang memahami bahwa hanya karena kata uranium ada dalam judul amunisi uranium yang sudah habis, maka itu bukanlah amunisi nuklir, melainkan murni amunisi konvensional,” kata Cleverly.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan: "Tentara Inggris telah menggunakan uranium yang sudah habis dalam cangkang penusuk lapis bajanya selama beberapa dekade."
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)