5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Sabtu, 02 September 2023 - 16:30 WIB
loading...
A A A
Amerika Serikat, Inggris, Rusia, China, Prancis dan Pakistan memproduksi senjata uranium, yang tidak diklasifikasikan sebagai senjata nuklir. Itu Diungkapkan Koalisi Internasional untuk Melarang Senjata Uranium.

Sebanyak 14 negara bagian lainnya diketahui menyimpannya.

3. Berdampak Jangka Panjang

5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Foto/Reuters

Ada banyak penelitian mengenai - dan kontroversi mengenai - dampak paparan senjata uranium yang sudah habis, terutama di medan perang di mana amunisi tersebut digunakan dalam Perang Teluk tahun 1990-1991 dan dalam pemboman NATO di Yugoslavia tahun 1999.

Sekitar 340 ton depleted uranium digunakan dalam amunisi selama Perang Teluk tahun 1991, dan diperkirakan 11 ton di Balkan pada akhir tahun 1990an. Itu diungkapkan Royal Society, sebuah persekutuan ilmuwan yang berbasis di London.

Menelan atau menghirup uranium dalam jumlah banyak - bahkan uranium yang sudah habis - berbahaya: menekan fungsi ginjal dan meningkatkan risiko berkembangnya berbagai jenis kanker.

Penentang senjata tersebut, seperti Koalisi Internasional untuk Melarang Senjata Uranium, mengatakan debu yang dihasilkan oleh senjata tersebut dapat terhirup, sementara amunisi yang tidak tepat sasaran dapat meracuni air tanah dan tanah.

Negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris mengatakan depleted uranium adalah alat yang baik untuk menghancurkan tank modern. Inggris mengatakan dalam panduannya bahwa menghirup debu uranium yang sudah habis dalam jumlah yang cukup untuk menyebabkan cedera akan sulit dilakukan.

4. Mencemari Lingkungan

5 Keunggulan Amunisi Depleted Uranium, Salah Satunya Memiliki Dampak Jangka Panjang

Foto/Reuters

Royal Society mengatakan dalam sebuah laporan pada tahun 2002 bahwa risiko terhadap ginjal dan organ lain dari penggunaan amunisi depleted uranium sangat rendah bagi sebagian besar tentara di medan perang dan bagi mereka yang tinggal di daerah konflik.

“Dalam kondisi ekstrem dan dalam asumsi terburuk, tentara yang menerima DU dalam jumlah besar dapat menderita efek buruk pada ginjal dan paru-paru,” kata Royal Society.

“Pencemaran lingkungan akan sangat bervariasi namun dalam sebagian besar kasus, risiko kesehatan yang terkait dengan DU akan sangat rendah. Dalam beberapa skenario terburuk, kadar uranium dalam jumlah tinggi dapat terjadi pada makanan atau air yang dapat berdampak buruk pada ginjal.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)