10 Fakta Armada Drone Iran, Mengandalkan Amati, Tiru, Modifikasi Teknologi dari Negara Lain

Sabtu, 02 September 2023 - 01:35 WIB
loading...
A A A
Ya. Ekspor drone membantu membangun hubungan dengan aktor-aktor regional. Iran telah memasok drone ke Hizbullah di Lebanon dan Houthi di Yaman. Teheran menempatkan kemampuan ini di tangan jaringan aktor-aktor regionalnya sehingga dapat mempengaruhi perilaku mereka.

"Iran juga bisa membuat kerusakan besar terhadap beberapa negara pesaingnya di kawasan. Houthi telah mengklaim berbagai serangan menggunakan UAV, sistem balistik, dan rudal jelajah," papar Barrie.

Banyak sekali teknologi yang sebenarnya tidak berasal dari Yaman. Sistem ini sangat mirip dengan sistem Iran. Mengekspor sistem juga memungkinkan Iran untuk melihat bagaimana sistem mereka berperilaku dalam lingkungan pertempuran.

10. Ditakuti Tentara Ukraina

10 Fakta Armada Drone Iran, Mengandalkan Amati, Tiru, Modifikasi Teknologi dari Negara Lain

Foto/Reuters

UAV sebagian bertujuan untuk mengimbangi kelemahan atau keterbatasan lain yang dirasakan dalam militer mereka. Kekuatan udara konvensional Iran didasarkan pada sistem yang sudah tua.

UAV sampai batas tertentu mengimbangi hal tersebut. UAV bukanlah pengganti pesawat berawak, namun mereka memberi Iran beberapa kemampuan. Dalam hal pengaruh regional yang lebih luas, UAV memungkinkan Iran untuk memberikan kemampuan kepada proksi regional dan memperumit gambaran ancaman bagi lawan-lawan regional.

Pada tahun 2022, Rusia meminta Iran untuk menyediakan UAV dan amunisi serangan langsung, yang umumnya dikenal sebagai drone bunuh diri, termasuk Shahed-131 dan Shahed-136, untuk digunakan melawan Ukraina.

"Hubungan yang terjalin membuka ruang lingkup kerja sama pertahanan yang lebih luas. Aliran teknologi militer antara Iran dan Rusia bukanlah hal yang mengejutkan," jelas Barrie.

Namun Rusia yang mencari peralatan pertahanan Iran untuk persenjataannya kurang dapat diprediksi. Sebagai imbalannya, Iran mungkin menerima pesawat tempur modern. Pada tahun 2023, Republik Islam Iran diperkirakan akan menerima pesawat tempur multi-peran Sukhoi Su-35 dari Rusia, yang mencerminkan meningkatnya hubungan pertahanan.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)