Senator Top AS: Kim Jong-un Bocah Gendut Gila

Jum'at, 24 Maret 2017 - 01:07 WIB
Senator Top AS: Kim Jong-un Bocah Gendut Gila
Senator Top AS: Kim Jong-un Bocah Gendut Gila
A A A
WASHINGTON - Senator top Amerika Serikat (AS) John McCain meledek diktator muda Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dengan menyebutnya sebagai “bocah gendut gila”. Komentar senator terkemuka AS ini muncul dalam wawancaranya di MSNBC.

McCain, 80, merupakan veteran perang AS yang pernah gencar mengkritik rezim Presiden Barack Obama. Sedangkan Kim merupakan pemimpin muda yang baru berusia sekitar 33 tahun.

Komentar McCain itu keluar ketika dia menyarankan China untuk berbuat lebih banyak guna mengendalikan perilaku buruk Korut.

”China adalah salah satu, satu-satunya, yang dapat mengontrol Kim Jong-un, ini bocah gendut gila, yang menjalankan Korut,” katanya. ”Orang-orang Mereka. Mereka bisa menghentikan ekonomi Korut dalam seminggu,” lanjut senator asal Arizona ini, yang dikutip semalam (23/3/2017).

Menurut McCain, Kim Jong-un lebih ekstrem ketimbang diktator Soviet Joseph Stalin. ”Dia tidak rasional. Kami tidak berurusan bahkan dengan seseorang seperti Joseph Stalin, yang memiliki rasionalitas tertentu untuk kebiadabannya,” katanya.

Sebelumnya, Senator AS lainnya, Ted Cruz, menuduh Kim Jong-un berada di balik pembunuhan kakak tirinya Kim Jong-nam.

Menurut Cruz, pembunuhan terhadap Kim Jong-nam yang menggunakan agen saraf VX—senjata racun yang dilarang PBB—adalah alasan yang baik untuk memasukkan kembali Korut dalam daftar negara sponsor terorisme.

Pemerintah Presiden Donald Trump telah mengisyaratkan akan mengambil opsi militer atau perang untuk menindak rezim Kim Jong-un. Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan, opsi militer terhadap Korut ada di atas meja.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4928 seconds (0.1#10.140)