Negara-negara Musuh Iran, Ada yang Nyaris Perang Terbuka

Kamis, 31 Agustus 2023 - 11:19 WIB
loading...
Negara-negara Musuh Iran, Ada yang Nyaris Perang Terbuka
Amerika Serikat dan Israel menjadi dua negara yang bermusuhan dengan Iran. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Iran, salah satu negara kekuatan Islam, telah lama bermusuhan dengan Israel dan Amerika Serikat (AS).

Ini bermula dari Revolusi Iran 1979, yang telah mengubah negara tersebut dari monarki menjadi republik Islam.

Revolusi ini dipimpin oleh Ayatollah Ruhollah Khomeini ini menggulingkan pemerintahan Shah Mohammad Reza Pahlavi yang pro-Barat dan berteman dengan Israel.

Negara-negara Musuh Iran

1. Amerika Serikat


Revolusi Iran 1979 telah memutuskan hubungan diplomatik antara Iran dan Amerika Serikat.

Revolusi itu juga diwarnai drama penyerbuan gedung kedutaan Amerika di Teheran dan penyanderaan banyak diplomat Amerika.

Beberapa dekade berlalu, permusuhan belum mereda dan terkadang memanas.

Publik Iran, setiap perayaan Hari Revolusi, kerap memekikkan slogan "Matilah Amerika, Matilah Israel".

Ketegangan sempat memuncak ketika AS, melalui serangan drone bersenjata rudal, membunuh Kepala Pasukan Quds IRGC Jenderal Qassem Soleimani di Baghdad pada 3 Januari 2020.

Pembunuhan itu nyaris membuat kedua negara beperang secara terbuka. Iran membalas dengan membombardir pangkalan Amerika di Irak, menyebabkan banyak tentara Washington menderita gegar otak.

AS telah menjatuhkan banyak sanksi terhadap Iran terkait program nuklir dan rudal balistik.

2. Israel


Sama seperti AS, Israel juga dipandang Iran sebagai musuh bebuyutan. Para pemimpin Iran beberapa kali menyerukan pelenyapan negara Israel untuk mengakhiri rezim Zionis.

Israel mencurigai Teheran sedang membuat senjata nuklir untuk menyerang negara Yahudi tersebut. Pemerintah berkuasa di Teheran menyangkal memiliki ambisi membuat senjata nuklir, meski tidak memungkiri memiliki kemampuan ke arah sana.

Kedua negara ini juga kerap saling ancam. Rezim Zionis menuduh Teheran melakukan operasi anti-Israel melalui proksi-proksi di kawasan Timur Tengah, termasuk Hizbullah Lebanon.

Militer Zionis telah berulang kali membombardir Suriah dengan dalih melawan kelompok milisi pro-Iran yang menjadi ancaman bagi Israel.

Negara-negara Rival Iran

1. Arab Saudi


Iran dan Arab Saudi memiliki rivalitas regional yang intens, terutama karena perbedaan kebijakan politik luar negeri dan mazhab agama.

Kedua negara mendukung kelompok-kelompok berlawanan dalam konflik regional, seperti di Yaman dan Suriah.

Teheran dan Riyadh pernah putus hubungan diplomatik setelah Arab Saudi mengeksekusi ulama Syiah lokal, Nimr al-Nimr, atas tuduhan terlibat terorisme.

Hubungan telah dipulihkan baru-baru ini berkat mediasi yang dilakukan China.

2. Uni Emirat Arab (UEA)


Hubungan Iran dan UEA juga tegang karena perbedaan pandangan politik dan rivalitas regional. Keduanya memiliki persaingan dalam beberapa bidang, termasuk pengaruh regional dan kompetisi ekonomi.

3. Mesir


Meskipun tidak seintensif hubungan dengan negara-negara lain yang disebutkan di atas, Iran dan Mesir memiliki perbedaan pandangan terutama terkait dengan konflik di Suriah dan Yaman, serta perbedaan politik di Timur Tengah.

4. Inggris dan negara-negara Eropa


Iran juga memiliki hubungan yang tegang dengan beberapa negara Eropa, terutama dalam konteks program nuklir dan perlakuan terhadap hak asasi manusia.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)