Trump Sebut Perilaku Korut Sangat Buruk, China Tak Membantu

Sabtu, 18 Maret 2017 - 09:50 WIB
Trump Sebut Perilaku Korut Sangat Buruk, China Tak Membantu
Trump Sebut Perilaku Korut Sangat Buruk, China Tak Membantu
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump menuduh Korea Utara (Korut) berperilaku sangat buruk dan bermain-main dengan Amerika Serikat (AS) selama bertahun-tahun. Trump juga menyesalkan China yang tidak membantu menyelesaikan krisis Korut yang terus mengumbar ancaman serangan nuklir.

Komentar Trump muncul tak lama setelah Menteri Luar Negeri AS Red Tillerson mengisyaratkan opsi militer atau perang terhadap Korut ketika melakukan kunjungan ke Korea Selatan (Korsel).

”China berbuat sedikit untuk membantu!” tulis Trump di Twitter melalui akun pribadinya, @realDonaldTrump.

Menlu Tillerson akan mengunjungi Beijing pada hari Sabtu (18/3/2017) dan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korsel Yun Byung-se, pada Jumat kemarin, Tillerson mengatakan kepada wartawan bahwa kesabaran AS soal kebijakan strategis terhadap Korut telah berakhir.

”Kami sedang menjajaki berbagai langkah-langka diplomatik, keamanan dan ekonomi yang baru. Semua opsi ada di meja,” katanya saat konferensi pers bersama di Seoul.

Menurutnya, AS tidak menginginkan konflik militer. Tapi, jika Korut mengangkat ancaman program senjata terhadap Washington, maka diperlukan tindakan.”Pilihan ada di meja,” imbuh Tillerson, mengacu opsi militer AS terhadap Korut.

AS, Jepang dan Korsel saat ini sedang melakukan latihan perang gabungan di lepas pantai semenanjung Korea. Washington juga mengerahkan drone bersenjata dan sistem pertahanan rudal THAAD ke Korsel sebagai upaya untuk melindungi Seoul dari ancaman serangan rudal balistik Pyongyang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5733 seconds (0.1#10.140)