China Desak AS Cegah Peningkatan Ketegangan di Semenanjung Korea

Jum'at, 14 April 2023 - 00:30 WIB
loading...
China Desak AS Cegah Peningkatan Ketegangan di Semenanjung Korea
Ilustrasi
A A A
BEIJING - China menyerukan kepada Amerika Serikat (AS) untuk mengambil langkah-langkah konkret guna mencegah peningkatan ketegangan di Semenanjung Korea. Hal itu diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin dalam konferensi pers, Kamis (13/4/2023).

“Ketegangan spiral di Semenanjung Korea memiliki alasannya. AS baru-baru ini meluncurkan latihan militer skala besar di sekitar semenanjung, mengerahkan senjata strategisnya di sana,” ungkap Wang, seperti dikutip dari kantor berita TASS.



“Kami berharap semua pihak akan menahan diri dan menahan diri dari tekanan dan konfrontasi. Secara khusus, Amerika Serikat harus mengambil langkah konkret untuk menanggapi keprihatinan DPRK yang sah dan menciptakan kondisi untuk meredakan ketegangan dan melanjutkan dialog," lanjut Wang.

Sebelumnya, pemerintah Jepang mendesak penduduk prefektur Hokkaido utara untuk bergegas bersembunyi di gedung-gedung, stasiun kereta bawah tanah dan tempat penampungan lainnya karena ancaman jatuhnya rudal yang diluncurkan oleh Korea Utara. Peringatan itu sekarang telah dibatalkan dan peringatan di daerah Hokkaido dicabut.



Pihak berwenang Jepang juga mengatakan bahwa rudal Korea Utara jatuh di luar perairan teritorial Jepang dan zona ekonomi eksklusif, tidak menimbulkan kerusakan. Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa rudal yang diluncurkan oleh Pyongyang adalah antarbenua. Peluncuran rudal DPRK adalah yang ke-12 tahun ini.

Korut sendiri menuding AS dan Korea Selatan kerap membuat situasi di kawasan menjadi tegang dengan latihan militer gabungan yang dilakukan pasukan AS-Korsel. Kedua negara memang secara berkala menggelar latihan militer gabung di wilayah tersebut, yang acap ditanggapi Korut dengan uji coba rudal.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)