Agama Warga Negara Polandia Beserta dengan Presentasenya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 14:28 WIB
loading...
Agama Warga Negara Polandia Beserta dengan Presentasenya
Polandia, anggota NATO dan merupakan negara sekuler. Namun mayoritas penduduknya penganut Kristen. Foto/travelpast50
A A A
JAKARTA - Polandia sedang jadi sorotan dunia karena menjadi negara NATO yang gencar mendukung Ukraina dalam perang melawan Rusia.
Menurut konstitusinya, Polandia merupakan negara sekuler dan tidak memiliki agama resmi.

Meskipun demikian, sebagian besar penduduk negara inimerupakan penganut Kristen.

Agama Warga Negara Polandia dan Presentasinya


Berdasarkan luasnya, Polandia menjadi negara yang memiliki 16 provinsi administratif yang disebut voivodeships. Negara ini memiliki wilayah yang terbilang luas, yakni sekitar 313.931 km persegi.

Polandia sendiri memiliki populasi sekitar 38 juta jiwa dan merupakan anggota Uni Eropa yang terbesar kelima berdasarkan jumlah penduduk. Dari jumlah tersebut, agama Kristen, dengan Katolik Roma sebagai denominasi terbesar.

Menurut data dari Statistics Poland pada tahun 2018, 91,9% penduduk Polandia mengidentifikasi diri mereka sebagai penganut Katolik Roma. Selain agama Kristen, terdapat beberapa agama lain seperti Ortodoks Timur 0,9%, Protestan 0,3%, dan Yehuwa 0,2%.

Namun tidak bisa dimungkiri pula jika sebagian kecil warga negara Polandia juga menganut agama lain seperti Islam, Yahudi, Hindu, dan Buddha dengan presentase kurang dari 0,1%.

Dari jumlah penganut agama tersebut, pemerintah Polandia juga menyediakan rumah ibadah bagi mereka. Seperti Katedral Santo Yohanes Pembaptis sebagai salah satu bangunan Katolik Roma terbesar dan menjadi tempat perayaan penting dalam agama Katolik Roma.

Ada juga Gereja St Mary yang menjadi gereja Katolik Roma terbesar dan salah satu gereja bata terbesar di dunia. Ada pula Sinagoge Nozyk yang menjadi sinagoge terakhir yang masih berdiri di Warsawa setelah Perang Dunia II.

Di ibu kota, berdiri Masjid Agung Warsawa yang tercatat sebagai masjid terbesar di Polandia. Masjid ini dibangun pada tahun 1989 dan memiliki kubah setinggi 20 meter.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)