Bos Wagner Prigozhin Dimakamkan Secara Rahasia, Dianggap Bentuk Ketakutan Putin

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:55 WIB
loading...
Bos Wagner Prigozhin Dimakamkan Secara Rahasia, Dianggap Bentuk Ketakutan Putin
Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dimakamkan dalam sebuah upacara rahasia di Saint Petersburg, Rusia. Pemakamannya yang rahasia dianggap sebagai bentuk ketakutan Presiden Vladimir Putin. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin, yang tewas dalam kecelakaan pesawat pekan lalu, telah dimakamkan dalam sebuah upacara rahasia di kota asalnya, Saint Petersburg, Rusia.

Pemakamannya berlangsung pada pada Selasa (29/8/2023) waktu setempat. Dia tewas bersama sembilan orang lainnya dalam kecelakaan pesawat pribadi dua bulan setelah meluncurkan pemberontakan singkat di Rusia.

Prigozhin diyakini telah dimakamkan di pemakaman Porokhovskoe di tengah peningkatan keamanan setelah perusahaan militer swastanya mengatakan upacara pribadi telah diadakan untuk panglima perang tersebut "dalam suasana tertutup".

Pemakaman itu ditutup dan akses dibatasi, namun seorang fotografer AFP melihat bagian belakang kuburan baru Prigozhin, yang ditandai dengan salib kayu.



Di lokasi pemakaman, pelayat meninggalkan kutipan berbingkai dari "Nature Morte", sebuah puisi karya penyair Soviet dan Pemenang Nobel Joseph Brodsky, yang berisi kata-kata "mati atau hidup?"

Layanan pers Prigozhin hanya mengatakan bahwa upacara pribadi telah diadakan untuk Prigozhin—yang menyandang gelar Pahlawan Rusia, penghargaan tertinggi negara itu—di pemakaman yang terletak di pinggiran timur laut Saint Petersburg.

“Perpisahan Yevgeny Viktorovich diadakan secara tertutup. Mereka yang ingin mengucapkan selamat tinggal dapat mengunjungi pemakaman Porokhovskoe,” kata perusahaan tersebut, seperti dikutip AFP, Rabu (30/8/2023).

Para pejabat Ukraina menunjuk pada kerahasiaan seputar upacara tersebut, yang menunjukkan bahwa Kremlin khawatir akan kemungkinan terjadinya protes.

“Pemakaman rahasia mantan pemimpin Wagner Prigozhin adalah simbol mutlak dari ketakutan nyata [Presiden Vladimir] Putin,” tulis Mykhailo Podolyak, penasihat politik Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di Telegram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)