4 Sosok Potensial Pengganti Prigozhin sebagai Bos Wagner

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:20 WIB
loading...
4 Sosok Potensial Pengganti Prigozhin sebagai Bos Wagner
Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia. Ada empat sosok yang berpotensi sebagai penggantinya. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia resmi mengonfirmasi bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat di Tver, Rabu pekan lalu. Ada empat pentolan Wagner yang berpotensi menjadi pengganti Prigozhin.


Wagner Group Rusia


Wagner Group adalah perusahaan militer swasta (PMC) yang berbasis di Rusia dan didanai oleh negara.

Kelompok tentara bayaran ini dikendalikan hingga tahun 2023 oleh Yevgeny Prigozhin, mantan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.



Wagner telah menggunakan infrastruktur Angkatan Bersenjata Rusia. Jumlah tentara bayaran Wagner diperkirakan mencapai 50.000 orang.

Berbagai bukti menunjukkan bahwa Wagner telah digunakan sebagai wakil oleh pemerintah Rusia, sehingga memungkinkan Kremlin untuk melakukan penyangkalan yang masuk akal atas operasi militer di luar negeri, dan menyembunyikan korban sebenarnya dari intervensi Rusia di negara lain.

Meskipun kelompok ini tidak didorong oleh ideologi, media-media Barat menyebut elemen Wagner terkait dengan neo-Nazisme dan ekstremisme sayap kanan.

Kelompok ini muncul selama Perang Donbas di Ukraina, di mana mereka membantu pasukan pro-Rusia dari tahun 2014 hingga 2015. Wagner juga terlibat perang di Bakhmut sebelum akhirnya menarik diri dan melakukan pemberontakan singkat terhadap militer Rusia pada 23-24 Juni 2023.

4 Sosok Potensial Pengganti Yevgeny Prigozhin


Prigozhin dipastikan tewas bersama sembilan orang lainnya dalam kecelakaan pesawat pribadi di Tver, Rusia, pada Rabu pekan lalu.

Selain Prigozhin dua pentolan Wagner lainnya juga tewas dalam tragedi itu. Keduanya adalah Dmitry "Wagner" Utkin (orang nomor 2 di Wagner) dan Valery Chekalov (kepala logistik Wagner).

Secara struktural sekarang tinggal empat pentolan Wagner yang berpotensi menggantikan posisi Prigozhin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)