Biden dan Trump Dinilai Terlalu Tua, Rakyat AS Ingin Presiden yang Lebih Muda

Senin, 28 Agustus 2023 - 21:15 WIB
loading...
Biden dan Trump Dinilai Terlalu Tua, Rakyat AS Ingin Presiden yang Lebih Muda
Mantan Presiden AS Donald Trump dan Presiden AS Joe Biden dinilai terlalu tua. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Masyarakat Amerika Serikat (AS) menginginkan generasi muda untuk menjadi anggota parlemen di Washington. Dalam berbagai jajak pendapat, mereka juga menginginkan presiden AS yang lebih muda.

Suara publik itu menjadi batu sandungan bagi Presiden AS Joe Biden dipandang ingin mendapatkan masa jabatan kedua di Gedung Putih.

Studi Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research yang dilakukan bulan ini menemukan bahwa sekitar 77% warga Amerika percaya Biden, yang akan berusia 81 tahun pada bulan November, terlalu tua untuk menjadi presiden yang mampu sepenuhnya jika ia terpilih kembali tahun depan. Pandangan ini diyakini oleh 89% responden Partai Republik dan 69% responden Demokrat.

“Biden tampaknya sangat rentan terhadap kondisi yang berkaitan dengan usia,” kata Eric Dezenhall, mantan staf di Gedung Putih pada masa pemerintahan Ronald Reagan. “Bahkan orang-orang yang menyukainya melihatnya sebagai sosok yang lemah dan tidak sepenuhnya 'ada'.”



Dezenhall menambahkan: “Apa pun sisi negatif Donald Trump, saya rasa sebagian besar orang tidak melihat mereka sebagai penyandang disabilitas karena faktor usia.”

Namun, sekitar setengah warga Amerika menganggap usia Trump yakni 77 tahun juga sebagai faktor negatif terhadap peluangnya untuk kembali menjadi presiden AS, menurut penelitian tersebut. Hasil pemilu ini mencerminkan keinginan pemilih AS untuk mencari generasi muda untuk menjadi anggota parlemen di Washington – dengan sekitar dua pertiganya menyerukan batasan usia untuk jabatan presiden dan anggota Kongres.

Demikian pula, 67% responden jajak pendapat juga mendukung penerapan usia pensiun wajib bagi hakim Mahkamah Agung.

“Mereka secara keseluruhan terlalu tua,” kata Noah Burden, seorang profesional komunikasi berusia 28 tahun. Dia menambahkan bahwa politisi veteran di kedua sisi mewakili “rasa nilai-nilai dan rasa negara dan dunia yang itu tidak akurat lagi.”



Selain itu, jajak pendapat tersebut merinci bahwa kata-kata seperti “lambat” dan “bingung” sering digunakan oleh sekitar 15% pemilih saat menggambarkan Biden. Jumlah yang sama (15%) menggambarkan Trump sebagai orang yang “korup” dan “bengkok.

Jajak pendapat dilakukan antara 10-14 Agustus 2023 dengan mewawancarai 1.165 orang dewasa.

Trump saat ini memiliki keunggulan jajak pendapat yang signifikan dalam persaingan untuk mengamankan nominasi Partai Republik untuk menantang kandidat Demokrat Joe Biden dalam pemilihan presiden AS, yang dijadwalkan pada 5 November 2024.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)