Anggarkan Rp88 Triliun, AS Kembangkan 2.000 Jet Tempur Valkyrie Berteknologi AI

Senin, 28 Agustus 2023 - 19:55 WIB
loading...
Anggarkan Rp88 Triliun, AS Kembangkan 2.000 Jet Tempur Valkyrie Berteknologi AI
AS terus mengembangkan jet tempur berteknologi AI. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah meminta anggaran sebesar USD5,8 miliar atau setara Rp88 triliun untuk membuat pesawat XQ-58A Valkyrie yang digerakkan oleh kecerdasan buatan atau AI.

Nantinya, pesawat otonom ini ideal untuk menyelesaikan misi bunuh diri dan melindungi pilot.

The New York Times melaporkan, pesawat XQ-58A Valkyrie dimaksudkan untuk berfungsi sebagai robot wingman bagi penerbang manusia, memberikan perlindungan dan bermanuver dalam skenario di mana pilot mungkin akan kesulitan. Pesawat ini ideal untuk misi bunuh diri di yang tidak mungkin dikembalikan oleh manusia.

Akhir tahun ini, pesawat tersebut akan diuji dalam simulasi di mana ia akan menciptakan strateginya sendiri untuk mengejar dan membunuh target di Teluk Meksiko.

Insider sebelumnya melaporkan model Valkyrie ini dapat melaju dengan kecepatan 550 mph. Ketinggian operasionalnya adalah 45.000 kaki, dengan jangkauan 3.000 mil laut. Model lain, seperti pembom XB-70 Valkyrie yang pertama kali diterbangkan pada tahun 1964, memerlukan pilot di kokpit, dan hanya beberapa pesawat sejenis yang dibuat.

Perkiraan anggaran, yang belum disetujui Kongres, mencantumkan pengeluaran sebesar USD5,8 miliar selama lima tahun untuk memproduksi pesawat. Hal ini terjadi setelah beberapa tahun uji penerbangan oleh Angkatan Udara di mana kendaraan tersebut telah digunakan sebagai penghubung data untuk F-22, F-35, dan program Skyborg Angkatan Udara, yang merupakan sistem berkemampuan kecerdasan buatan untuk mengendalikan pesawat tak berawak.

Setiap pesawat Valkyrie akan menelan biaya antara USD3 juta dan USD25 juta – jauh lebih murah daripada sebuah jet pilot berawak.



Perwakilan Angkatan Udara dan Departemen Pertahanan tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Insider.

Meskipun program “Dominasi Udara Generasi Berikutnya” Angkatan Udara telah mendapatkan dukungan militer yang luas. Namun, para aktivis hak asasi manusia khawatir bahwa mesin perang tak berawak akan membuka jalan menuju masa depan distopia ala “Terminator”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)