Siapa Terrry Ghou? 10 Fakta Pendiri Foxcoon yang Ingin Mewujudkan Perdamaian Taiwan-China

Senin, 28 Agustus 2023 - 21:35 WIB
loading...
Siapa Terrry Ghou? 10 Fakta Pendiri Foxcoon yang Ingin Mewujudkan Perdamaian Taiwan-China
Terry Ghou ingin menjadi presiden Taiwan karena ingin mewujudkan perdamaian dengan China. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Terry Gou, miliarder pendiri pemasok besar Apple Inc, Foxconn, sudah mengumumkan pencalonannya untuk menjadi presiden Taiwan berikutnya pada pemilu tahun 2024. Dia mengatakan ingin memastikan Ukraina tu tidak menjadi "Ukraina yang berikutnya".

Melansir Reuters, Gou adalah orang keempat yang angkat topi pada pemilu bulan Januari, namun hasil jajak pendapatnya sebelum pengumumannya menempatkannya jauh di belakang kandidat terdepan, William Lai dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa, yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden.

Gou, 72, mengundurkan diri sebagai ketua Foxconn pada tahun 2019 dan mengajukan pencalonan presiden pertamanya pada tahun itu, tetapi mengundurkan diri setelah ia gagal memenangkan nominasi dari partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang KMT. KMT secara tradisional menyukai hubungan dekat dengan China, yang pemerintahnya mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri.

Gou telah menghabiskan beberapa minggu terakhir berkeliling Taiwan dan mengadakan kampanye, sehingga memicu spekulasi bahwa ia berencana untuk mencalonkan diri sebagai calon independen. Tema utama Gou dalam kampanye pra-kampanyenya adalah bahwa satu-satunya cara untuk menghindari perang dengan China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya.

Gou lahir pada bulan Oktober 1950 di Banqiao, Taipei, Taiwan. Ayahnya adalah seorang petugas polisi dan mereka tinggal di Provinsi Shanxi, China daratan sampai mereka melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949.

Dia adalah miliarder Taiwan terkenal yang mendirikan Foxconn. Gou menikah dengan Serena Lin dan memiliki seorang putra yang bekerja di industri film dan perkebunan. Putrinya juga bekerja di sektor keuangan. Dia mendirikan badan amal pendidikan bersama istrinya Serena Liz dan berkomitmen untuk menyumbangkan sepertiga kekayaannya untuk badan amal tersebut.



Setelah kematian istrinya, putrinya kembali mengelola dan memimpin badan amal tersebut. Karena kemiripannya yang mencolok dengan Presiden Amerika Serikat, ia juga dikenal sebagai “Donald Trump dari Taiwan”. Kesamaan mereka meliputi; kerajaan bisnis yang berpengaruh, dan kekayaan yang sangat besar, mereka berdua menikah lebih dari sekali dan memiliki istri yang lebih muda.

Berikut adalah 10 fakta tentang Terry Ghou.

1. Pendiri Foxconn

Siapa Terrry Ghou? 10 Fakta Pendiri Foxcoon yang Ingin Mewujudkan Perdamaian Taiwan-China

Foto/Reuters

Melansir discoverwalks, Terry Gou mendirikan produsen kontrak elektronik multinasional terbesar di dunia pada tahun 1974. Perusahaan ini berkantor pusat di Tucheng, New Taipei City, Taiwan.

Ini dianggap sebagai produsen teknologi terbesar serta penyedia layanan di seluruh dunia. Perusahaan ini bukan hanya pemberi kerja terbesar di sektor swasta di Republik Tiongkok, namun juga pemberi kerja terbesar di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)