Ukraina Berduka, 'Hantu Kyiv' Termasuk 3 Pilot Tewas dalam Tabrakan 2 Pesawat

Senin, 28 Agustus 2023 - 07:07 WIB
loading...
Ukraina Berduka, Hantu Kyiv Termasuk 3 Pilot Tewas dalam Tabrakan 2 Pesawat
Andriy Pilshchykov alias Juice, pilot Ukraina bagian dari unit Hantu Kyiv termasuk di antara tiga pilot yang tewas dalam tabrakan dua pesawat tempur saat misi melawan Rusia. Foto/Pravda
A A A
KYIV - Ukraina sedang berduka setelah tabrakan dua pesawat latih L-39 menewaskan tiga pilot. Yang menyedihkan, salah satu pilot tersebut adalah Andriy Pilshchykov yang dikenal bagian dari unit "The Ghost of Kyiv" atau "Hantu Kyiv".

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan tiga pilot tersebut meninggal dalam kecelakaan pesawat saat menjalankan misi tempur di wilayah barat lau Zhytomyr pada Jumat pekan lalu.

Pilshchykov merupakan pilot tempur terkenal Ukraina dengan tanda panggilan "Juice".

Mengutip CNN, Senin (28/8/2023), "Juice" adalah anggota "The Ghost of Kyiv"—unit yang membela Ukraina tengah dan utara pada awal perang melawan Rusia.



Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berkata, "Ukraina tidak akan pernah melupakan semua orang yang membela langit bebasnya."

Fasih berbahasa Inggris, Pilshchykov adalah salah satu dari dua pilot yang pergi ke Washington DC musim panas lalu untuk bertemu dengan anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dan melobi pesawat F-16 untuk Ukraina. Dia muncul secara teratur di media AS.

Upaya lobi yang diperluas akhirnya berhasil awal bulan ini ketika Denmark dan Belanda mengatakan mereka akan memasok jet tersebut.

Namun, kecelakaan itu merampas peluang Pilshchykov. “Anda bahkan tidak dapat membayangkan betapa dia ingin menerbangkan F-16,” tulis juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yuriy Ihnat di media sosial.

“Tetapi sekarang setelah pesawat Amerika benar-benar berada di depan mata, dia tidak akan menerbangkannya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)