2 Pesawat Tempur Ukraina Tabrakan di Udara, 3 Pilot Tewas

Minggu, 27 Agustus 2023 - 05:15 WIB
loading...
2 Pesawat Tempur Ukraina Tabrakan di Udara, 3 Pilot Tewas
Juice, salah satu dari tiga pilot Ukraina yang tewas setelah dua pesawat tempur mereka tabrakan di udara. Foto/Pravda
A A A
KYIV - Dua pesawat tempur Ukraina bertabrakan di udara di wilayah tengah negara tersebut, menyebabkan tiga pilot tewas.

Angkatan Udara setempat pada Sabtu (26/8/2023) mengatakaan kecelakaan tersebut terjadi pada hari Jumat, melibatkan dua pesawat L-39—jenis pesawat latih tempur.

Kehilangan tiga pilot akan menjadi pukulan bagi Ukraina, yang akan melakukan upaya besar untuk segera melatih awak pesawatnya menggunakan jet tempur F-16 sumbangan Barat.

Beberapa negara Barat telah menjanjikan 61 jet tempur F-16 untuk dikirim ke Kyiv guna mendukung perang melawan invasi Rusia.



Mengutip Reuters, tabrakan dua pesawat militer ini terjadi di wilayah Zhytomyr, yang terletak di sebelah barat Ibu Kota Ukraina, Kyiv.

Angkatan Udara mengatakan salah satu pilot yang tewas, menggunakan tanda panggilan "Juice", menjadi terkenal setelah melakukan banyak wawancara kepada media internasional.

"Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga para korban. Ini adalah kehilangan yang menyakitkan dan tidak dapat diperbaiki bagi kita semua," tulis Angkatan Udara di Telegram, seraya menambahkan bahwa penyelidikan atas penyebab kecelakaan itu sedang dilakukan.

Kementerian Pertahanan juga meratapi kematian tiga pilot Kyiv tersebut. "Sebuah kehilangan yang tragis. Pada tanggal 25 Agustus, dua jet militer L-39 bertabrakan di langit di atas wilayah Zhytomyr. Tiga pilot Angkatan Udara Ukraina kehilangan nyawa. Salah satunya adalah Kapten Andrii Pilshchykov, penerima Order of Courage, Kelas 3, yang dikenal dengan tanda panggilan 'Juice'," tulis kementerian tersebut di media sosial X.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)