Korut Luncurkan 4 Rudal Balistik, Jepang Siaga

Selasa, 07 Maret 2017 - 09:39 WIB
Korut Luncurkan 4 Rudal...
Korut Luncurkan 4 Rudal Balistik, Jepang Siaga
A A A
TOKYO - Jepang bersiap untuk berlakukan status siaga tertinggi setelah Korea Utara (Korut) menembakkan empat rudal balistik secara bersamaan ke perairan di dekatnya. Ini adalah aksi provokasi terbaru dari rezim Kim Jong-un.

"Tiga dari rudal jatuh ke zona ekonomi eksklusif Jepang, satu lainya jatuh sekitar 350 km sebelah barat dari prefektur Akita," juru bicara pemerintah Yoshihide Suga sembari menambahkan pihak berwenang masih menganalisis jenis rudal diluncurkan seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (7/3/2017).

Sementara Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe kepada anggota parlemen mengatakan bahwa peluncuran tersebut jelas menunjukkan ancaman dari Korut telah memiliki level terbaru.

"Kemampuan nuklir dan rudal Korut ini benar-benar meningkat, dan mereka menjadi lebih sulit diprediksi. Rudalnya semakin dekat ke perairan dan wilayah Jepang," kata Abe.

Korut diketahui meluncurkan 4 rudal balistik pada Senin pagi dari barat laut negara itu. Juru bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel), Roh Jae-cheon, rudal tersebut terbang sejauh 1.000 km ke Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang. "Kecil kemungkinan jika proyektil tersebut rudal balistik antar benua," katanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)