Bersatu Lawan China, Australia dan Filipina Gelar Latihan Perang di Laut China Selatan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:17 WIB
loading...
Bersatu Lawan China, Australia dan Filipina Gelar Latihan Perang di Laut China Selatan
Militer Australia dan Filipina menggelar latihan perang sebagai antisipasi konflik dengan China. Foto/Reuters
A A A
MANILA - Sekitar 1.200 tentara Australia dan 560 marinir Filipina ikut serta dalam latihan militer yang melibatkan penyerbuan ke pulau yang diduduki musuh.

"Australia mempunyai kepentingan keamanan di Laut Cina Selatan dan akan bekerja lebih erat dengan Filipina dalam patroli bersama di perairan yang disengketakan," kata Menteri Pertahanan Australia Richard Marles, dilansir Al Jazeera.

Marles menyatakan hal itu saat memantau sekitar 2.000 personel pertahanan Australia dan Filipina, serta Marinir Amerika Serikat, berpartisipasi dalam latihan pendaratan amfibi dan serangan udara sebagai bagian dari latihan bersama yang juga dihadiri oleh Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr.

Latihan gabungan ini dilakukan di tengah ketegangan baru antara Manila dan Beijing di Laut Cina Selatan dan melibatkan pasukan yang tiba dengan kendaraan serbu amfibi, parasut, dan pesawat Osprey AS untuk menyerbu pantai.

Dua jet tempur F-35 Australia yang canggih memberikan dukungan udara jarak dekat, dan kapal perang Australia mengamankan perairan sekitarnya.

Dalam foto yang dirilis oleh Departemen Pertahanan Australia melalui Kedutaan Besar Australia di Filipina, tentara Angkatan Bersenjata Filipina sedang mengikuti latihan serangan amfibi gabungan skala besar pada Jumat (25/8.2023), di pangkalan angkatan laut di San Antonio, Zambales, Filipina.

Filipina dan Australia, yang juga didukung oleh Korps Marinir Amerika Serikat, mengadakan pelatihan amfibi bilateral yang disebut "Latihan Alon 2023", yang berasal dari kata Tagalog yang berarti "gelombang", yang bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kesiapan dalam menanggapi tantangan keamanan. di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Filipina: Dunia Dukung Kami, China Sendirian

Latihan udara, laut, dan darat tersebut, merupakan latihan gabungan skala besar pertama antara Australia dan Filipina, yang menyimulasikan perebutan kembali pulau yang dikuasai musuh.

Presiden Marcos mengatakan kepada wartawan bahwa Filipina menginginkan hubungan kerja yang lebih erat dengan militer negara tetangganya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)