Bersatu Lawan China, Australia dan Filipina Gelar Latihan Perang di Laut China Selatan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:17 WIB
loading...
A A A
“Ini adalah aspek penting dalam bagaimana kita bersiap menghadapi segala kemungkinan, mengingat ada begitu banyak peristiwa yang membuktikan volatilitas di kawasan ini,” katanya pada konferensi pers setelah latihan.

Marles mengatakan setelah latihan tersebut bahwa patroli gabungan pertama di Laut Cina Selatan oleh angkatan laut Australia dan Filipina akan “segera terjadi”.

Ia juga menegaskan kembali dukungannya terhadap keputusan tahun 2016 yang dikeluarkan oleh pengadilan arbitrase di Den Haag berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut yang sebagian besar membatalkan klaim China atas hampir seluruh Laut China Selatan, dan meneguhkan kendali Filipina.

China menolak untuk berpartisipasi dalam arbitrase dan terus menentang keputusan tersebut, mempertahankan klaimnya atas sebagian besar wilayah laut tersebut.

“Banyak kerusakan yang dapat terjadi pada Australia sebelum musuh potensial menginjakkan kaki di wilayah kita, dan menjaga ketertiban berdasarkan aturan di Asia Tenggara, menjaga keamanan kolektif di Asia Tenggara, merupakan hal yang mendasar dalam menjaga keamanan nasional negara kita,” kata Marles.

AS, Australia, dan Filipina adalah beberapa negara yang paling vokal mengkritik tindakan China yang semakin agresif dan konfrontatif di perairan yang disengketakan tersebut, namun militer Filipina mengatakan bahwa Beijing bukanlah sasaran latihan tempur pada hari Jumat tersebut.

Dalam konflik terbaru antara Filipina dan China di perairan yang disengketakan, sebuah kapal penjaga pantai China menggunakan meriam air pada tanggal 5 Agustus untuk mencoba memblokir aliran pasokan Filipina di Second Thomas Shoal, tempat pasukan Filipina ditempatkan.

Washington memperbarui peringatan bahwa mereka berkewajiban membela Filipina, sekutu perjanjian tertua di Asia, jika pasukan, kapal, dan pesawat Filipina diserang, termasuk di Laut Cina Selatan.

Dua kapal pemasok Filipina berhasil melewati blokade China pada hari Selasa dalam konfrontasi tegang yang disaksikan oleh wartawan.

China telah memperingatkan AS untuk tidak ikut campur dalam apa yang disebutnya murni perselisihan Asia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)