Profil Keluarga Bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 14:53 WIB
loading...
Profil Keluarga Bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin
Yevgeny Prigozhin, bos tentara bayaran Wagner Group, yang diyakini tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia. Dia dan istrinya memiliki banyak bisnis di Rusia dan di luar negeri. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Yevgeny Prigozhin merupakan seorang pengusaha dan pemimpin kelompok tentara bayaran paling kuat di Rusia, Wagner Group. Dia diduga tewas dalam kecelakaan pesawat di Tver pada Rabu (23/8/2023).

Pesawat yang ditumpanginya bersama sembilan orang lainnya, termasuk komandan Wagner; Dmitry Utkin, jatuh di dekat desa Kuzhenkino, antara Moskow dan St Petersburg. Belum diketahui penyebab pasti kecelakaan tersebut, tetapi ada dugaan bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh pertahanan udara militer.

Kematian Prigozhin ini menuai berbagai respons dari sejumlah pemimpin negara, tak terkecuali Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Selain itu, keluarga Prgozhin kini juga menjadi sorotan.



Profil Keluarga Yevgeny Prigozhin


Yevgeny Prigozhin lahir 1 Juni 1961 di Kota St Petersburg, yang juga kota asal Presiden Vladimir Putin. Dia berasal dari keluarga yang sederhana dan tidak memiliki pendidikan tinggi.

Prigozhin pernah menghabiskan sembilan tahun di penjara pada periode terakhir Uni Soviet setelah dihukum karena penipuan dan pencurian.

Setelah bebas dari penjara, dia memulai bisnis katering yang berkembang pesat pada tahun 1990-an. Bisnis kateringnya membuatnya kaya dan mendapat perlindungan dari Presiden Vladimir Putin.

Prigozhin juga kerap disebut sebagai koki pribadi Putin karena pernah menyediakan makanan untuk acara-acara kenegaraan dan pribadi presiden. Dia kemudian memenangkan tender penyedia makanan untuk tentara Rusia.

Mengutip laman mcphagwara, Prigozhin mempunyai seorang istri bernama Lyubov Valentinovna Prigozhina. Istrinya adalah seorang apoteker dan pengusaha.

Pasangan itu telah menjalin bisnis di beberapa perusahaan, termasuk jaringan toko butik yang paling terkenal di Rusia, yakni “Museum Cokelat” di Saint Petersburg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0674 seconds (0.1#10.140)