Vladimir Putin: Prigozhin Melakukan Kesalahan Serius

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 09:44 WIB
loading...
Vladimir Putin: Prigozhin Melakukan Kesalahan Serius
Presiden Rusia Vladimir Putin sebut Yevgeny Prigozhin melakukan kesalahan serius saat mengomentari kecelakaan pesawat yang diduga menewaskan bos tentara bayaran Wagner Group tersebut. Foto/ABC
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pemimpin tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin adalah pengusaha berbakat yang melakukan kesalahan serius.

Putin memecah keheningannya hampir 24 jam setelah pesawat pribadi Prigozhin jatuh di Tver. Pemimpin Kremlin itu tidak mengonfirmasi kematian bos Wagner, namun menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban kecelakaan pesawat.

Prigozhin menjadi bagian dari 10 orang yang dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat Embraer 135BJ Legacy 600 saat perjalanan dari Moskow ke St Petersburg.



Saluran Telegram yang terkait dengan Wagner menuduh sistem pertahanan udara Rusia yang menembak jatuh pesawat pribadi Prigozhin. Namun, Pentagon mengatakan klaim atau laporan semacam itu tidak akurat.

Dalam pidato singkatnya dari dalam Kremlin pada Kamis malam, Putin mengatakan Prigozhin telah memberikan kontribusi besar terhadap perang di Ukraina. Presiden menambahkan bahwa penyelidikan atas kecelakaan pesawat itu sedang dilakukan.

“Saya sudah mengenal Prigozhin sejak lama—sejak awal tahun 1990-an,” katanya.

“Dia adalah orang yang bernasib sulit. Dia membuat kesalahan serius dalam hidup tetapi dia juga mencapai hasil, baik untuk dirinya sendiri dan, ketika saya memintanya, untuk kebaikan bersama, seperti yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir," paparnya, seperti dikutip The Telegraph, Jumat (25/8/2023).

Kecelakaan pesawat pribadi Prigozhin ini terjadi setelah dia memimpin Wagner Group melakukan pemberontakan terhadap militer Rusia pada 23-14 Juni lalu. Pemberontakan itu tiba-tiba dibatalkan setelah tercapai kesepakatan yang ditengahi Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Sementara itu, Polandia memperingatkan bahwa Wagner bisa menjadi lebih berbahaya setelah kematian Prigozhin.

"Wagner Group berada di bawah kepemimpinan Putin. Biarkan semua orang menjawab pertanyaannya sendiri—apakah ancamannya akan lebih besar atau lebih kecil? Bagi saya, itu pertanyaan retoris," kata Perdana Menteri Mateusz Morawiecki.

Sumber-sumber Inggris setuju dengan penilaian tersebut. “Hal positifnya bagi Putin adalah dia akan merasa berani dan sekarang akan memiliki pasukan swasta,” kata salah satu sumber keamanan London.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)