9 Reaksi Musuh Rusia terhadap Kematian Bos Wagner Yevgeny Prigozhin

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 02:29 WIB
loading...
9 Reaksi Musuh Rusia terhadap Kematian Bos Wagner Yevgeny Prigozhin
Kecelakaan pesawat yang menewaskan bhos Wagner Yevgeny Prigozhin memicu respons dari pata musuh Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Bos tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin terdaftar sebagai penumpang di jet pribadi yang jatuh di utara Moskow, menewaskan 10 penumpang. Masih harus dipastikan apakah kepala Wagner benar-benar menaiki pesawat tersebut.

Sejak pemberontakan pasukan Wagner pada bulan Juni, Prigozhin dipandang sebagai tantangan terbesar terhadap otoritas Presiden Rusia Vladimir Putin sejak ia berkuasa.

Berikut adalahh 9 reaksi negara yang menjadi musuh Rusia terhadap kecelakaan dan kematian Prigozhin.

1. AS: Biden ‘tidak terkejut’

9 Reaksi Musuh Rusia terhadap Kematian Bos Wagner Yevgeny Prigozhin

Foto/Reuters

Presiden Joe Biden mengatakan dia “tidak terkejut” dengan berita bahwa Prigozhin mungkin tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia.

“Saya tidak tahu pasti apa yang terjadi, tapi saya tidak terkejut,” kata Biden. Dia seraya menambahkan: “Tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak diikuti oleh Putin. Tapi saya tidak cukup tahu untuk mengetahui jawabannya.”

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Adrienne Watson juga mengatakan bahwa “jika hal ini benar, maka tidak ada yang perlu terkejut”, dengan kematian yang terlihat jelas. “Perang yang menghancurkan di Ukraina menyebabkan tentara swasta menyerbu Moskow, dan sekarang – tampaknya – menjadi seperti ini.”


2. Prancis: ‘Keraguan yang masuk akal’ atas kecelakaan pesawat Prigozhin

9 Reaksi Musuh Rusia terhadap Kematian Bos Wagner Yevgeny Prigozhin

Foto/Reuters

Paris mengatakan ada “keraguan yang masuk akal” tentang penyebab kecelakaan pesawat yang diduga menewaskan Prigozhin.

“Kami belum mengetahui penyebab kecelakaan ini. Kami mempunyai keraguan yang beralasan,” kata juru bicara pemerintah Olivier Veran kepada televisi France 2.

Ketika ditanya tentang komentar Presiden AS Joe Biden, Veran setuju bahwa “sebagai aturan umum, hal tersebut adalah kebenaran yang dapat dibuktikan”.

Prigozhin adalah “orang yang melakukan pekerjaan kotor Putin. Apa yang dilakukannya tidak lepas dari kebijakan Putin yang memberinya tanggung jawab untuk melakukan pelanggaran sebagai pimpinan Wagner,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)