PM Baru Thailand Akan Obati Luka Lama Akibat Kudeta Para Jenderal

Kamis, 24 Agustus 2023 - 23:57 WIB
loading...
PM Baru Thailand Akan Obati Luka Lama Akibat Kudeta Para Jenderal
Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin berjanji akan berdamai dengan militer yang pernah mengkudeta. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin pada Kamis membahas cara mengatasi perpecahan politik dengan pendahulunya yang menggulingkan pemerintahan terakhir partainya, saat ia bersiap untuk memilih kabinet dari aliansi 11 partai yang terdiri dari saingan berat.

Srettha lolos melalui pemungutan suara di parlemen untuk menjadi perdana menteri pada Selasa dan akan memimpin koalisi rumit yang mencakup partai-partai yang didukung oleh militer royalis yang telah berulang kali melakukan manuver melawan Partai Pheu Thai yang dipimpinnya.

Pertemuannya dengan mantan perdana menteri dan mantan panglima militer Prayuth Chan-ocha menggarisbawahi rapuhnya politik Thailand, dengan Prayuth sebagai arsitek kudeta tahun 2014 terhadap pemerintahan terakhir Pheu Thai. Prayuth menjabat selama sembilan tahun.

"Perpecahan yang ada akan sulit diatasi. Satu pembicaraan tidak akan menyelesaikannya. Ini akan memakan waktu," kata Srettha, yang mengenakan dasi kuning, warna yang diasosiasikan dengan monarki.

“Saya memahami niatnya, bahwa dia ingin mengatasi perpecahan dan dia peduli terhadap negaranya.”



Ketika ditanya oleh wartawan apa nasihat yang diberikan Prayuth, dia berkata, “agar saya tetap tenang, bersabar dan melindungi bangsa dan monarki.”

Taipan real estate Srettha terjun ke dunia politik beberapa bulan lalu dan tidak memiliki pengalaman di pemerintahan.

Spekulasi tersebar luas bahwa pendakiannya yang mulus ke jabatan puncak merupakan bagian dari kesepakatan rahasia antara elite yang bertikai di Thailand, termasuk kepulangan dramatis tokoh miliarder Pheu Thai, Thaksin Shinawatra, pada Selasa, setelah 15 tahun mengasingkan diri.

Thaksin, 74 tahun, dirawat di rumah sakit karena tekanan darah tinggi pada malam pertamanya di penjara, di mana ia menjalani hukuman delapan tahun penjara karena penyalahgunaan kekuasaan dan konflik kepentingan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)