2 Kemungkinan Penyebab yang Kecelakaan Pesawat yang Ditumpangi Bos Wagner

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 01:28 WIB
loading...
2 Kemungkinan Penyebab yang Kecelakaan Pesawat yang Ditumpangi Bos Wagner
Pesawat yang ditumpangi bos Wagner diduga ditembak misil atau meledak karena bom di dalam pesawat. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Dunia masih bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi dengan kecelakaan pesawat yang ditumpangi bos tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin. Bisa jadi, semua orang sudah mengetahui bahwa insiden itu dipicu karena berbagai kontroversinya, termasuk upayanya mengkudeta Presiden Rusia Vladimir Putin.

Apalagi, model jet eksekutif Embraer Brasil yang dilaporkan ditumpangi Prigozhin hanya mencatat satu kecelakaan dalam lebih dari 20 tahun pelayanan. Embraer mengatakan pihaknya mengetahui adanya kecelakaan pesawat Legacy 600 di Rusia, namun mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pihaknya tidak memiliki informasi lebih lanjut mengenai kasus tersebut.

Selain itu, kondisi cuaca di sekitar jalur penerbangan juga sangat baik dan layak untuk penerbangan. Alasan cuaca buruk bisa dikesampingkan.

Baca Juga: Presiden Zelensky: Ukraina Tidak Terlibat dalam Kecelakaan Pesawat Bos Wagner

Berikut adalah 2 skenario yang bisa jadi menyebabkan jatuhnya pesawat yang ditumpangi bos Wagner.

1. Pesawat Ditembak Misil

2 Kemungkinan Penyebab yang Kecelakaan Pesawat yang Ditumpangi Bos Wagner

Foto/Reuters

Amerika Serikat yakin sebuah rudal permukaan-ke-udara yang berasal dari dalam Rusia kemungkinan besar menembak jatuh pesawat yang diduga membawa pemimpin tentara bayaran Yevgeny Prigozhin pada hari Rabu. Dua pejabat AS mengatakan kepada Reuters.

Para pejabat, yang berbicara tanpa menyebut nama karena sensitifnya masalah ini, menekankan bahwa informasi tersebut masih bersifat awal dan sedang ditinjau.

Sementara itu, Nikolay Mitrokhin dari Universitas Bremen di Jerman kepada Al Jazeera mengatakan, dilihat dari sumbernya, pesawat itu ditembak jatuh. Itulah yang mudah dipercaya.

Hal ini sangat bermanfaat bagi pihak berwenang Rusia yang selalu bisa menyalahkan letnan atau mayor [pertahanan udara] yang melakukan kesalahan,” katanya.

Bahkan, lembaga riset yang berbasis di Washington, DC, The Institute for the Study of War (ISW), mengatakan Putin “hampir pasti” memerintahkan komando militer Rusia untuk menembak jatuh pesawat yang dilaporkan sedang ditumpangi Prigozhin.

Menurut ISW, Putin kemungkinan besar memperhitungkan bahwa ia dapat menyingkirkan Prigozhin tanpa menjadikannya “martir bagi personel Wagner yang tersisa” setelah berhasil melemahkan dan memisahkan bos Wagner dari pasukan bayarannya selama beberapa bulan terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)