Profil Calon Pengganti Bos Wagner Group yang Dikabarkan Tewas, Siapakah Dia?

Kamis, 24 Agustus 2023 - 16:15 WIB
loading...
Profil Calon Pengganti Bos Wagner Group yang Dikabarkan Tewas, Siapakah Dia?
Andrey Troshev diperkirakan mengganti posisi Yevgeny Prigozhin sebagai kepala Wagner Group. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin baru-baru ini telah dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat jet yang dinaikinya di Rusia. Untuk menggantikan sosok pemimpin tentara bayaran itu, Vladimir Putin tentunya harus menyiapkan nama baru.

Yevgeny Prigozhin termasuk dalam daftar penumpang jet yang jatuh di Rusia. Tercatat ada 10 orang yang tewas dalam peristiwa pesawat jatuh itu.

Sebelumnya, bos Wegner Group ini tengah punya hubungan yang kurang baik dengan para petinggi Moskow setelah melakukan pemberontakan pada Juni lalu. Sehingga kabar kematian ini seakan jadi angin segar bagi lawan-lawannya.

Calon Pengganti Bos Wagner Group


Sebenarnya penunjukkan pemimpin baru Wagner Group ini telah dilakukan oleh Putin sejak Juni lalu, tepatnya setelah Prigozhin melakukan pemberontakan.

Lima hari setelah pemberontakan Grup Wagner yang gagal pada akhir Juni, Putin bertemu dengan Prigozhin dan sejumlah pejuang senior Wagner, menurut surat kabar Rusia Kommersant.

Dalam diskusi tersebut dikabarkan bahwa Putin menginginkan jika tentara bayaran tersebut dipimpin oleh Andrei Troshev yang juga merupakan salah satu petinggi Wagner.

Profil Andrey Troshev


Pria yang punya nama lengkap Andrey Nikolaevich Troshev lahir pada 5 April 1962. Karena rambutnya yang putih, dirinya kerap dipanggil dengan julukan "Sedoi" yang berarti "Rambut Abu-abu".

Pensiunan Kolonel ini merupakan salah satu anggota pendiri dan direktur eksekutif Wagner Group. Dia juga merupakan veteran Perang Soviet-Afghanistan , Perang Chechnya Kedua , dan intervensi militer Rusia dalam perang saudara Suriah.

Menurut laman NDTV, Troshev terkait erat dengan beberapa tokoh penting di Grup Wagner, termasuk Dmitry Utkin yang merupakan pendiri tentara bayaran tersebut, mantan perwira intelijen militer GRU, dan komandan Aleksandr Sergeevich Kuznetsov.

Pria yang berusia 61 tahun tersebut juga masuk dalam daftar target yang terkena sanksi keuangan Inggris, hal tersebut memperjelas kedudukannya sebagai CEO Wagner Group.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)