4 Fakta Pesawat Jatuh yang Dilaporkan Tewaskan Bos Wagner Prigozhin

Kamis, 24 Agustus 2023 - 08:25 WIB
loading...
4 Fakta Pesawat Jatuh yang Dilaporkan Tewaskan Bos Wagner Prigozhin
Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia. Ada empat fakta penting dari kecelakaan pesawat ini. Foto/Telegram Wagner Group
A A A
MOSKOW - Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeney Prigozhin dilaporkan menjadi satu dari 10 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat jet pribadi di Tver, utara Moskow, Rusia, Rabu kemarin.

Pesawat itu dilaporkan ditembak jatuh pasukan Rusia sehingga memicu dugaan bahwa itu adalah operasi pembunuhan atas perintah Presiden Vladimir Putin yang menargetkan Prigozhin.

Pesawat Embraer 135BJ Legacy 600 jatuh saat melakukan perjalanan dari Moskow ke St Petersburg.



4 Fakta Pesawat Jatuh yang Dilaporkan Tewaskan Prigozhin


1. Pesawat Turun Dramatis sebelum Jatuh


Menurut FlightRadar24, situs Swedia yang menyediakan pelacakan pesawat secara real-time, pesawat Embraer Legacy 600 ini mulai terbang dari Moskow ke St Petersburg secara mendatar di ketinggian 28.000 kaki pada pukul 18.10 waktu lokal.

Pukul 18.11 Pesawat yang bernomor registrasi RA-02795 ini kemudian melanjutkan perjalanan dengan kecepatan yang konsisten selama beberapa menit sebelum kecepatan vertikalnya mulai menurun “secara dramatis". Pesawat berhenti mengirimkan informasi tentang posisinya sekitar pukul 18.11 waktu lokal.



2. Pesawat Jatuh di Tver


Pesawat jet pribadi Embraer Legacy 600 ini jatuh di dekat desa Kuzhenkino di wilayah Tver, sekitar 300 kilometer dari Moskow, Rusia.

3. Penyebab Kecelakaan Masih Misterius


Meskipun layanan darurat Rusia sedang bekerja untuk menangani dampak kecelakaan ini, penyebab pasti pesawat jatuh tersebut masih misterius.

Saluran Telegram yang terkait dengan Wagner Group menuduh sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh pesawat tersebut.

4. Penumpang Pesawat


Ada tujuh penumpang dan tiga awak di dalamnya. Sejauh ini, delapan jenazah telah ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat.

Manifes penumpang pesawat tersebut memuat nama Yevgeny Prigozhin, miliarder Rusia dan pendiri PMC Wagner Group.

Manifes penumpang juga mencantumkan nama Dmitry Utkin, tanda panggilan "Wagner", dan menjabat sebagai salah satu pendiri dan kepala paramiliter Wagner Group.

Pihak berwenang Rusia telah membuka penyelidikan atas kecelakaan itu. Gubernur Tver Igor Rudyenya secara pribadi mengawasi penyelidikan ini.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)