BREAKING NEWS: Jet Pribadi yang Ditumpangi Bos Wagner Jatuh di Rusia

Kamis, 24 Agustus 2023 - 00:31 WIB
loading...
BREAKING NEWS: Jet Pribadi yang Ditumpangi Bos Wagner Jatuh di Rusia
Sebuah jet pribadi yang ditumpangi bos Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin, jatuh di utara Moskow, Rusia. Foto/Sky News
A A A
MOSKOW - Sepuluh orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan jet pribadi di utara Moskow. Otoritas Penerbangan Sipil Rusia mengatakan bos kelompok tentara bayaran Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin, ada dalam daftar penumpang.

"Tujuh penumpang dan tiga awak berada di dalam pesawat Embraer, yang sedang dalam perjalanan dari Moskow ke St Petersburg," lapor berita Rusia, TASS, yang dikutip dari Sky News, Kamis (24/8/2023).

Jet tersebut dikabarkan jatuh di wilayah Tver, sebelah utara Ibu Kota Rusia Moskow.



Prigozhin, yang diyakini berada di dalam pesawat tersebut, membagikan pidato video pertamanya sejak pemberontakannya yang gagal pada bulan Juni dua hari lalu.

Kepala tentara bayaran – yang dikirim ke Belarusia setelah pawai di Moskow – merilis rekaman dirinya berbicara sambil mengenakan seragam kamuflase dan memegang senapan.

Prigozhin tampak berada di Afrika dalam video tersebut, dan dia juga berbicara tentang Rusia yang membuat benua itu "merdeka".



Video tersebut, yang dibagikan di saluran Telegram yang berafiliasi dengan Grup Wagner. Ini adalah pidato video pertama yang dibagikan Prigozhin sejak ia menggiring tentara bayarannya menuju Moskow pada akhir Juni lalu.

Dia membatalkan pemberontakan dan tentara bayarannya mundur setelah pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko membantu menengahi "kesepakatan", yang konon akan membuat pengusaha tersebut pindah ke negara sekutu Rusia dan pasukannya diserap ke dalam militer.

Prigozhin, yang pernah menjadi orang kepercayaan Vladimir Putin, sering mengecam orang-orang seperti Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Jenderal Valery Gerasimov dalam pidato publiknya atas cara mereka menangani invasi Ukraina.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)