Thaksin Shinawatra Habiskan Malam Pertama di Penjara Dirawat di RS

Rabu, 23 Agustus 2023 - 23:39 WIB
loading...
Thaksin Shinawatra Habiskan Malam Pertama di Penjara Dirawat di RS
Mantan PM Thailand, Thaksin Shinawatra, menghabiskan malam pertama di penjara di rumah sakit. Foto/CNBC
A A A
BANGKOK - Miliarder yang juga mantan pemimpin Thailand , Thaksin Shinawatra, dibawa ke rumah sakit pada malam pertamanya di penjara setelah kembali dari pengasingan.

Pendiri Partai Pheu Thai yang populis dan berpengaruh di Thailand itu dipindahkan ke rumah sakit polisi semalaman, 15 jam setelah pulang dari pengasingan selama 15 tahun ke luar negeri untuk menghindari penjara. Thaksin kembali ke Thailand bertepatan dengan terpilihnya sekutu politiknya sebagai perdana menteri dalam pemungutan suara parlemen.

Departemen Pemasyarakatan Thailand mengatakan Thaksin (74), dipindahkan pada Rabu dini hari setelah tidak bisa tidur dan mengalami sesak di dada serta tekanan darah tinggi.

“Dokter setuju bahwa untuk mencegah risiko berbahaya terhadap nyawanya, dia dipindahkan ke rumah sakit polisi,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/8/2023).

Soponrat Singhajaru, seorang dokter senior, mengatakan kondisi Thaksin sudah membaik sejak ia dirawat. Sedangkan perwakilan Thaksin menolak berkomentar.

Thaksin, perdana menteri yang sangat populer di kalangan pemilih karena kebijakannya yang berpihak pada masyarakat miskin, digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006 dan mengasingkan diri dua tahun kemudian ketika ia dijatuhi hukuman penjara in-absentia karena korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.



Rawat inap yang ia lakukan adalah kejadian terbaru dalam kekacauan politik Thailand selama beberapa bulan terakhir, di mana partai progresif Move Forward menang pada pemilu Mei lalu berakhir dengan oposisi, dan partai populis kelas berat Pheu Thai, yang dua kali digulingkan oleh militer, setuju untuk membentuk pemerintahan dengan partai yang didukung tentara.

Thaksin kembali dengan jet pribadi untuk menghibur massa pada hari Selasa sebelum dibawa ke pengadilan dan kemudian dipenjara, dalam adegan dramatis yang mencuri perhatian dari sesama taipan Srettha Thavisin, yang terpilih sebagai perdana menteri beberapa jam kemudian.

Kembalinya politisi yang palingkontroversial di Thailand tanpa hambatan dan naiknya Srettha ke jabatan puncak akan menambah spekulasi bahwa Thaksin telah mencapai kesepakatan dengan musuh-musuh lamanya di kalangan militer dan kelompok konservatif agar dia bisa kembali dengan selamat dan, mungkin, pembebasan lebih awal dari penjara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)