Viral! Makkah Diterjang Badai Petir, Jamaah Umrah Tetap Lanjutkan Salat

Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:15 WIB
loading...
Viral! Makkah Diterjang Badai Petir, Jamaah Umrah Tetap Lanjutkan Salat
Salah satu jamaah umrah tetap melanjutkan salatnya meski area Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, diguyur hujan deras dan badai petir ekstrem. Foto/Gulf News
A A A
MAKKAH - Sejumlah wilayah Arab Saudi, termasuk Makkah dan Jeddah, diterjang badai petir yang parah pada hari Selasa. Di tengah cuaca ekstrem, para jamaah di Masjidil Haram tetap melanjutkan salat mereka.

Sejumlah video yang diambil dari Masjidil Haram, Makkah, menunjukkan kekuatan angin yang dahsyat, yang begitu kuatnya sehingga mengangkat penghalang plastik yang berat. Embusan angin yang sama juga menganggu pergerakan jamaah umrah.

Ada juga video yang menunjukkan tiang listrik roboh akibat angin kencang dan hujan lebat di Jalan Asfan, timur laut Jeddah. Beberapa tiang listrik condong ke jalan, menggambarkan situasi cuaca yang tidak stabil.

Sebelumnya, Jeddah telah diselimuti badai debu, dengan awan debu tebal memenuhi langit.



Meski situasinya tampak mengerikan, ada momen indah yang viral di tengah kekacauan tersebut. Yakni, saat Masjidil Haram diguyur hujan deras dan badai petir, jamaah umrah tetap melanjutkan salatnya, sehingga tercipta pemandangan spiritual saat mereka salat di bawah guyuran hujan.

Pada Selasa pagi, sebagaimana dikutip Gulf News, Rabu (23/8/2023), Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mengeluarkan peringatan yang merinci kondisi cuaca utama di negara tersebut selama 24 jam ke depan. Badai petir disertai angin aktif diprakirakan terjadi di wilayah seperti Madinah, Makkah, Asir, Jazan, dan Al Baha.

Sementara itu, wilayah Najran dan Tabuk diperkirakan akan mengalami angin permukaan yang menimbulkan debu.

Hafr Al Batin, AlSaman, dan Rafha melaporkan suhu puncak mencapai 47 derajat Celcius, sedangkan Al Suda mengalami suhu terendah 14 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan melonjak hingga 95 persen.

Abdullah Al Osaimi, pakar cuaca ternama, mengatakan pola cuaca ini mengisyaratkan awal musim gugur di bulan Oktober.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)