Ingin Lebih Superior dari Rusia di Udara, Ukraina Butuh 128 Jet Tempur

Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:47 WIB
loading...
Ingin Lebih Superior dari Rusia di Udara, Ukraina Butuh 128 Jet Tempur
Ukraina membutuhkan 128 jet tempur untuk mencapai supremasi atas Rusia di udara. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina membutuhkan 128 jet tempur untuk menggantikan pesawat lama dan mencapai supremasi udara atas Rusia . Hal itu diungkapkan Angkatan Udara Ukraina.

“Ukraina membutuhkan 128 pesawat tempur untuk menggantikan armada pesawat lama – jumlah ini ditentukan dalam visi Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina,” kata Yuriy Ihnat, juru bicara Komando Angkatan Udara Ukraina, menurut kantor berita negara, Ukrinform.

Dia mengatakan jika 42 jet tempur diserahkan ke Ukraina, ini kira-kira empat brigade penerbangan.



“Jelas bahwa perang dapat membuat penyesuaian, tetapi lebih dari 100 pesawat benar-benar diperlukan untuk membubarkan mereka ke lapangan terbang yang berbeda sehingga mereka menanggapi tantangan yang berbeda dan menyerang target yang berbeda: pesawat, darat, bagian belakang musuh, khususnya,” tegas Ihnat seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (23/8/2023).

Belanda dan Denmark pada hari Minggu berkomitmen untuk mengirim hingga 42 jet tempur F-16 ke Ukraina selama kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Ukraina telah lama memperdebatkan pertahanan udara yang kuat untuk melindungi dari serangan udara Rusia dan mampu membalas serangan. Awal bulan ini, Zelensky menekankan bahwa pertahanan Ukraina belum mampu melindungi seluruh wilayahnya dari serangan Rusia.

“Sayangnya, negara kita belum memiliki sistem pertahanan udara berkualitas tinggi yang cukup untuk melindungi seluruh wilayah kita dan menembak jatuh semua target musuh. Musuh mengambil keuntungan dari ini,” kata Zelensky.



Zelensky terus-menerus mendesak sekutu Baratnya untuk memberikan Ukraina jet tempur F-16 dan menekankan bahwa kehadiran pesawat tempur canggih itu bersama pilot Ukraina akan berfungsi sebagai sinyal global yang kuat bahwa invasi Rusia pada akhirnya akan berakhir dengan kegagalan.

Mencapai supremasi udara akan memungkinkan Ukraina untuk melakukan operasi yang tidak terpengaruh oleh pesawat atau sistem anti-pesawat pasukan Rusia karena dominasi dan kekuatan udara mereka. Dalam perang, supremasi udara adalah tingkat kendali tertinggi atas udara.

Jika Ukraina mencapai supremasi udara, Ukraina akan dapat melakukan berbagai misi termasuk pengeboman udara, dukungan udara jarak dekat untuk pasukan darat, pengintaian, dan transportasi dengan impunitas relatif.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)