9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Selasa, 22 Agustus 2023 - 14:15 WIB
loading...
A A A
Kepemimpinannya sangat penting bagi keberhasilan gerakan tersebut dalam mengakhiri segregasi hukum di negara tersebut. Afrika-Amerika di Selatan dan bagian lain Amerika Serikat.

James Earl Ray adalah pembunuh King. Ray pernah menjadi penjahat kecil-kecilan, perampok pom bensin dan toko, yang pernah menjalani hukuman penjara, sekali di Illinois dan dua kali di Missouri, dan menerima hukuman percobaan di Los Angeles. Dia melarikan diri dari Penjara Negara Bagian Missouri pada 23 April 1967; dan masuk Memphis, Tenn., hampir setahun kemudian, pada tanggal 4 April 1968, dari jendela rumah kos tetangga, dia menembak King, yang sedang berdiri di balkon kamar motel.

Ray melarikan diri ke Toronto, mengamankan paspor Kanada melalui agen perjalanan, terbang ke London lalu ke Lisbon. Pada 8 Juni dia ditangkap oleh polisi London di Bandara Heathrow saat dia akan berangkat ke Brussel; FBI telah menetapkan dia sebagai tersangka utama segera setelah pembunuhan itu.

4. Prinsip Gavrilo (Pembunuh Franz Ferdinand)

9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Foto/Wikipedia

Francis Ferdinand adalah seorang pemimpin Austria yang pembunuhannya menjadi penyebab langsung Perang Dunia I. Francis Ferdinand adalah putra tertua dari archduke Charles Louis, yang merupakan saudara dari kaisar Francis Joseph. Pada bulan Juni 1914 dia dan istrinya dibunuh oleh nasionalis Serbia Gavrilo Princip di Sarajevo; sebulan kemudian Perang Dunia I dimulai dengan deklarasi perang Austria melawan Serbia.

Tindakan Princip memberikan alasan kepada Austria-Hongaria bahwa mereka berusaha membuka permusuhan terhadap Serbia dan dengan demikian memicu Perang Dunia I. Di Yugoslavia—negara Slavia Selatan yang ia impikan—Princip kemudian dianggap sebagai pahlawan nasional.

Lahir dari keluarga petani Serbia Bosnia, Princip dilatih terorisme oleh perkumpulan rahasia Serbia yang dikenal sebagai Tangan Hitam (nama asli Ujedinjenje ili Smrt, “Persatuan atau Kematian”). Ingin menghancurkan pemerintahan Austro-Hongaria di Balkan dan menyatukan masyarakat Slavia Selatan menjadi negara federal, ia percaya bahwa langkah pertama yang harus dilakukan adalah pembunuhan anggota keluarga kekaisaran Habsburg atau pejabat tinggi pemerintah.

5. Nathuram Godse (Mohandas “Mahatma” Gandhi)

Mohandas Karamchand Gandhi adalah pemimpin gerakan nasionalis India melawan pemerintahan Inggris, dan dianggap sebagai bapak negaranya. Dia dihormati secara internasional karena doktrinnya tentang protes tanpa kekerasan untuk mencapai kemajuan politik dan sosial.

Nathuram Godse percaya bahwa Gandhi memperlakukan umat Islam dengan lebih hormat dibandingkan umat Hindu, misalnya dengan memasukkan Al-Quran ke dalam ajarannya di kuil-kuil Hindu, namun menolak membaca Bhagavad Gita di masjid-masjid.

Godse juga mengkritik apa yang dia anggap sebagai penggunaan kekuasaan yang tidak efektif oleh Gandhi di Kongres Nasional India selama dan setelah pemisahan negara. Pada tanggal 30 Januari, para saksi mata mengatakan bahwa Godse menembak Gandhi tiga kali dari jarak dekat, saat Gandhi berjalan melewati taman kediaman pribadinya.

6. Leon Czolgosz (Pembunuh William McKinley)

William McKinley adalah presiden ke-25 Amerika Serikat (1897–1901). Di bawah kepemimpinan McKinley, Amerika Serikat berperang melawan Spanyol pada tahun 1898 dan dengan demikian memperoleh pengakuan global, termasuk Puerto Riko, Guam, dan Filipina.

Dicalonkan kembali untuk masa jabatan berikutnya tanpa oposisi, McKinley kembali menghadapi Demokrat William Jennings Bryan dalam pemilihan presiden tahun 1900. Setelah pelantikannya pada tahun 1901, McKinley meninggalkan Washington untuk melakukan tur ke negara bagian barat, yang diakhiri dengan pidato di Pameran Pan-Amerika di Buffalo, New York.

Leon Czolgosz adalah seorang pekerja pabrik yang menjadi anarkis setelah mempertimbangkan kesenjangan antara kaya dan miskin serta menyaksikan ketegangan antara pekerja dan manajer di pabrik tempatnya bekerja. Czolgosz berusia 28 tahun ketika dia menembak McKinley. Beberapa sumber menyatakan bahwa Czolgosz terinspirasi oleh pembunuhan Raja Umberto I dari Italia oleh Gaetano Bresci, yang juga seorang anarkis, kira-kira satu tahun sebelumnya.

7. Charles J. Guiteau (Pembunuh James Garfield)

9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Foto/Wikipedia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)