3 Pengaruh Penting Elon Musk dalam Perang Ukraina-Rusia

Selasa, 22 Agustus 2023 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Pada bulan September 2022, Musk meminta Pentagon untuk mendanai usaha Starlink di Ukraina, dengan mengatakan bahwa peralatan tersebut dapat menelan biaya USD100 juta pada akhir tahun 2022.

Pejabat federal yang berbicara dengan The New Yorker mengklaim bahwa pengaturan mereka saat ini bergantung pada kepuasan Musk terhadap urusan tersebut.

“Hidup di dunia tempat kita hidup, di mana Elon menjalankan perusahaan ini dan ini adalah bisnis swasta di bawah kendalinya, kita hidup dari kebaikannya,” kata seorang pejabat Pentagon kepada The New Yorker tanpa menyebut nama. "Itu menyebalkan."

Pada akhirnya, pada bulan Juni 2023, pemerintah AS dan Starlink menandatangani kontrak terkait komunikasi di Ukraina, tanpa rincian publik.


3. Tetap Pro-Ukraina

Pandangan Musk mengenai Ukraina juga tampak berubah pada Oktober 2022, menurut The New Yorker, ketika ia meluncurkan jajak pendapat di Twitter yang menggembar-gemborkan rencana perdamaian untuk Ukraina yang mendorong pokok pembicaraan Kremlin.

“Sejauh ini biaya yang dikeluarkan SpaceX untuk mengaktifkan & mendukung Starlink di Ukraina adalah USD80 juta. Dukungan kami untuk Rusia adalah USD0. Jelas, kami pro Ukraina,” cuit Musk setelah jajak pendapat. “Mencoba merebut kembali Krimea akan menyebabkan kematian besar-besaran, mungkin gagal dan berisiko menimbulkan perang nuklir. Ini akan berdampak buruk bagi Ukraina dan Bumi.”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)