3 Pengaruh Penting Elon Musk dalam Perang Ukraina-Rusia

Selasa, 22 Agustus 2023 - 12:23 WIB
loading...
3 Pengaruh Penting Elon Musk dalam Perang Ukraina-Rusia
Elon Musk memiliki pengaruh besar dalam mendukung Ukraina melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Elon Musk merupakan salah satu miliarder Amerika Serikat (AS) yang memiliki peran penting dalam jalannya perang Rusia-Ukraina. Itu tidak lepas karena ketergantungan tentara Ukraina dengan jaringan satelit miliknya.

Banyak pihak menduga bahwa tanpa Musk terlibat dalam membantu Ukraina, maka Rusia akan dengan mudah memenangkan peperangan tersebut. Bahkan, AS pun harus berhati-hati dengan gerakan Musk karena keputusannya akan menentukan nasib perang tersebut.

Apalagi, The New Yorker melaporkan Musk diperlakukan seperti "pejabat yang tidak dipilih". Itu menunjukkan dia sangat berpengaruh dalam perang Ukraina dan Rusia.

Berikut adalah 3 pengaruh penting Elon Musk dalam perang Rusia-Ukraina.

1. Memiliki Satelit Starlink

3 Pengaruh Penting Elon Musk dalam Perang Ukraina-Rusia

Foto/Reuters

Sistem satelit Starlink milik Elon Musk, yang digunakan oleh pasukan Ukraina, telah menempatkan AS pada posisi sulit karena mengandalkan semangat baik seorang miliarder untuk aspek komunikasi utama dalam perang yang sedang berlangsung.

Pejabat federal dari Departemen Pertahanan dan lembaga lainnya berbicara kepada The New Yorker tanpa menyebut nama, mengklaim bahwa pengaruh Musk membebani keputusan pemerintah seputar luar angkasa, Ukraina, media sosial, dan kendaraan listrik.

Starlink milik Musk telah memainkan peran sentral dalam menyediakan komunikasi kepada pasukan Ukraina sehingga pejabat federal berusaha untuk tidak mengecewakan Musk, dengan harapan tidak membahayakan layanan Starlink di Ukraina.

Di medan perang, pasukan Ukraina menghadapi pemadaman Starlink pada akhir Oktober 2022, menurut CNN, sebagian karena Musk telah menyediakan peralatan tersebut secara gratis dan sedang mencari pendanaan federal – sebuah pengaturan yang dia tweet dengan rasa frustrasi.

Pemadaman satelit tersebut memicu kekacauan di kalangan pasukan Ukraina dan pejabat pertahanan AS, yang khawatir bahwa Musk akan mencabut pemadaman listrik lagi setiap kali pandangannya berubah. Musk juga bimbang dengan gagasan bahwa teknologinya digunakan dalam perang, yang menurut laporan itu tidak diterimanya dengan baik.

Beberapa hari setelah Rusia menyatakan perang terhadap Ukraina pada Februari 2022, SpaceX milik Musk menyediakan satelit dan terminal Starlink ke Ukraina, yang membantu menjaga akses internet di seluruh Ukraina, yang sangat penting bagi pasukan dalam pertempuran.


2. Dekat dengan Pentagon

3 Pengaruh Penting Elon Musk dalam Perang Ukraina-Rusia

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)