Arab Saudi dan Indonesia Difavoritkan Gabung BRICS, China Ingin Tandingi G7

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:54 WIB
loading...
Arab Saudi dan Indonesia Difavoritkan Gabung BRICS, China Ingin Tandingi G7
Orang-orang berjalan melewati Sandton Convention Centre, yang akan menjadi tuan rumah KTT BRICS mendatang, di Johannesburg, Afrika Selatan, 19 Agustus 2023. Foto/REUTERS/James Oatway
A A A
JOHANNESBURG - Arab Saudi, Indonesia, dan Argentina disebut sebagai favorit menjadi anggota baru pertama BRICS, sejak masuknya tuan rumah KTT tahun ini, Afrika Selatan, pada 2010.

Perluasan keanggotaan BRICS itu didukung oleh China. Tak hanya itu, Beijing berencana mendorong blok BRICS menjadi saingan penuh G7 selama konferensi tingkat tinggi (KTT) mendatang di Afrika Selatan.

Financial Times (FT) melaporkan hal itu pada Minggu (20/8/2023). Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, Beijing diduga "berselisih" dengan India atas prospek perluasan keanggotaan grup menjelang acara tersebut, yang dijadwalkan berlangsung di Johannesburg antara 22 dan 24 Agustus.

Surat kabar itu mencatat tidak ada kesepakatan antara Beijing dan New Delhi tentang apakah BRICS yang saat ini terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, harus menjadi klub ekonomi nonblok atau kekuatan politik yang secara terbuka menantang Barat.

Pejabat Afrika Selatan dilaporkan mengatakan kepada surat kabar itu bahwa 23 negara telah menyatakan minat bergabung dengan BRICS, beberapa di antaranya dapat menerima undangan ke KTT Johannesburg.

“Jika kita memperluas BRICS untuk memperhitungkan porsi yang sama dari PDB dunia seperti G7, maka suara kolektif kita di dunia akan tumbuh lebih kuat,” tegas seorang pejabat China yang tidak disebutkan namanya kepada FT.



Awal bulan ini, New Delhi menolak laporan media bahwa pihaknya menentang perluasan blok tersebut, dengan juru bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagchi menggambarkan mereka sebagai "spekulasi tak berdasar."

“Seperti yang diamanatkan para pemimpin tahun lalu, anggota BRICS secara internal mendiskusikan prinsip, standar, kriteria, dan prosedur panduan untuk proses perluasan BRICS berdasarkan konsultasi dan konsensus penuh,” ujar Bagchi.

Seorang diplomat senior Brasil juga mengatakan kepada FT bahwa negara tersebut mendukung perluasan BRICS, tetapi mencatat, “Penting bahwa kriteria ditentukan untuk masuknya anggota baru ini.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)