Saudi Sebut Iran Negara Penyokong Terorisme Terbesar

Minggu, 19 Februari 2017 - 20:38 WIB
Saudi Sebut Iran Negara Penyokong Terorisme Terbesar
Saudi Sebut Iran Negara Penyokong Terorisme Terbesar
A A A
MUNICH - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir menyatakan, Iran adalah negara pendukung terorisme terbesar di dunia. Menurutnya, Iran adalah salah satu penyebab tidak stabilnya situasi di kawasan.
Pernyataan Jubeir ini merupakan respon atas undangan dialog yang disampaikan oleh Iran. Dia menegaskan, Saudi tidak akan mau melakukan dialog dengan negara yang memiliki tujuan untuk mengubah tatanan di Timur Tengah.
"Iran tetap menjadi sponsor utama tunggal terorisme di dunia," kata Adel al-Jubeir saat menyampaikan pidato di depan Konferensi Keamanan Munich, seperti dilansir Reuters pada Minggu (19/2).
"Mereka memiliki tujuan untuk membalikan situasi di Timur Tengah. Dan, kecuali Iran mengubah perilakunya itu, akan sangat sulit untuk berurusan dengan negara seperti ini," sambungnya.
Jubeir juga mengatakan, Iran menopang pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad, mendanai separatis Houthi di Yaman dan kelompok-kelompok kekerasan di seluruh wilayah. Dia mengatakan, masyarakat internasional membuat garis merah untuk menghentikan tindakan Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4348 seconds (0.1#10.140)