Wapres AS: Kami Pastikan Iran Tidak Akan Miliki Senjata Nuklir

Sabtu, 18 Februari 2017 - 21:14 WIB
Wapres AS: Kami Pastikan Iran Tidak Akan Miliki Senjata Nuklir
Wapres AS: Kami Pastikan Iran Tidak Akan Miliki Senjata Nuklir
A A A
MUNICH - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence menyatakan, AS di bawah pimpinan Donald Trump akan memastikan Iran tidak akan memiliki senjata nuklir. AS, lanjut Pence, akan memastikan Iran tidak mendapatkan akses untuk kembali mengembangkan senjata nuklir, atau senjata berbahaya lainnya.
Berbicara pada Konferensi Keamanan Munich, Pence mengklaim pelonggaran sanksi terkait nuklir telah memberikan Iran lebih banyak kebebasan untuk mengancam negara di kawasan Timur Tengah, khususnya Israel.
"Di bawah Presiden Trump, Amerika akan tetap berkomitmen penuh untuk memastikan Iran tidak pernah memperoleh senjata nuklir yang mampu mengancam negara, sekutu kami di kawasan itu, terutama Israel," ucap Pence, seperti dilansir Russia Today pada Sabtu (18/2).
Pence menyebut Iran sebagai negara sponsor terorisme utama, dan mengencam Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) yang disepakati pada bulan Juli 2015 untuk memungkinkan Teheran mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk mengancam Timur Tengah.
Iran sendiri dalam beberapa kesempatan membantah program nuklir mereka ditujukan untuk mengembangkan senjata nuklir. Teheran juga menyebut semua rudal dan roket yang mereka miliki tidak dirancang untuk bisa membawa hulu ledak nuklir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5328 seconds (0.1#10.140)