Kenapa Rakyat Niger Mendukung Junta Militer dan Siap Melawan Invasi ECOWAS?

Senin, 21 Agustus 2023 - 07:04 WIB
loading...
Kenapa Rakyat Niger Mendukung Junta Militer dan Siap Melawan Invasi ECOWAS?
Rakyat Niger menyatakan dukungan kepada junta militer dengan berbagai cara, seperti seni mural hingga demonstrasi. Foto/Reuters
A A A
NIAMEY - Ribuan orang berdemonstrasi di ibu kota Niger untuk mendukung kudeta militer pada bulan lalu. Para pemimpin junta militer Niger memperingatkan terhadap intervensi dari luar dan mengusulkan transisi kekuasaan selama tiga tahun.

Para pemimpin baru Niger menuduh Prancis, sekutu dekat Bazoum, berada di belakang sikap anti-kudeta yang diambil oleh ECOWAS, yang pada hari Sabtu membuat dorongan baru untuk solusi diplomatik.

Para demonstran meneriakkan slogan-slogan yang memusuhi bekas kekuatan kolonial Prancis dan blok regional Afrika Barat Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS). Mereka juga tidak suka dengan kemungkinan operasi militer untuk mengembalikan Presiden terpilih Mohamed Bazoum jika negosiasi yang sedang berlangsung dengan para pemimpin kudeta gagal.



Pemimpin militer baru negara bagian Sahel secara resmi melarang demonstrasi, tetapi dalam praktiknya mereka yang mendukung kudeta diizinkan untuk terus maju.

Para demonstran melambai-lambaikan plakat bertuliskan "Hentikan intervensi militer" dan "Tidak untuk sanksi" mengacu pada pembatasan keuangan dan perdagangan yang diberlakukan oleh ECOWAS empat hari setelah kudeta pada 26 Juli.

Yang terbaru dalam serangkaian unjuk rasa pro-kudeta terjadi sehari setelah penguasa militer baru di Niamey memperingatkan serangan terhadap Niger tidak akan menjadi "berjalan di taman".

Jenderal Abdourahmane Tchiani juga mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Sabtu bahwa dia tidak ingin "menyita" kekuasaan dan peralihan kekuasaan kembali ke pemerintahan sipil tidak akan berlangsung lebih dari tiga tahun.



Ibrahim Yahaya Ibrahim, seorang analis International Crisis Group, mengatakan dengan pengumuman masa transisi tiga tahun oleh Tchiani bahwa “bola ada di pengadilan ECOWAS”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)