Kenapa Rakyat Niger Mendukung Junta Militer dan Siap Melawan Invasi ECOWAS?

Senin, 21 Agustus 2023 - 07:04 WIB
loading...
A A A
“Transisi telah menentukan syarat-syarat negosiasi. Jika ECOWAS bersikeras bahwa para pemimpin harus mengembalikan pemerintah kepada warga sipil dan memulihkan Presiden Bazoum, kemungkinan besar kita akan melihat intervensi militer,” katanya kepada Al Jazeera.

Setelah kepala staf ECOWAS bertemu di ibu kota Ghana, Accra, Jumat, blok beranggotakan 15 negara itu mengatakan telah menyepakati tanggal untuk potensi aksi militer.

Terlepas dari ancaman intervensi, ECOWAS mengirim delegasi diplomatik ke Niamey pada hari Sabtu yang dipimpin oleh mantan pemimpin Nigeria Abdulsalami Abubakar.

Televisi Niger menunjukkan anggota delegasi berjabat tangan dengan Bazoum, yang masih dalam tahanan.

Itu juga menyiarkan rekaman Abubakar berbicara dengan Tchiani, tetapi isi percakapan itu belum dipublikasikan.

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi pada hari Sabtu, Tchiani menuduh bahwa ECOWAS “bersiap untuk menyerang Niger dengan membentuk tentara pendudukan bekerja sama dengan tentara asing”, tanpa menyebutkan negara mana yang dia maksud.

"Jika serangan dilakukan terhadap kami, itu tidak akan menjadi jalan-jalan di taman yang tampaknya dipikirkan beberapa orang."

Tchiani juga mengumumkan periode 30 hari "dialog nasional" untuk menyusun "proposal konkret" untuk meletakkan dasar "kehidupan konstitusional baru".

Para pemimpin ECOWAS mengatakan mereka harus bertindak sekarang karena Niger telah menjadi negara Afrika Barat keempat sejak 2020 yang menderita kudeta, setelah Burkina Faso, Guinea, dan Mali.

Blok tersebut setuju untuk mengaktifkan "pasukan siaga" sebagai upaya terakhir untuk memulihkan demokrasi di Niger.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)