Bomber ISIS Beraksi di Kuil Sufi Pakistan, 30 Tewas

Jum'at, 17 Februari 2017 - 00:16 WIB
Bomber ISIS Beraksi di Kuil Sufi Pakistan, 30 Tewas
Bomber ISIS Beraksi di Kuil Sufi Pakistan, 30 Tewas
A A A
KARACHI - ISIS mengaku bertanggung jawat atas serangan bom yang menewaskan lebih dari 30 dan melukai lebih dari 100 orang. Serangan itu terjadi di sebuah kuil yang ramai di Pakistan selatan.

Para pejabat mengatakan seorang pembom bunuh diri meledakkan bom di antara kerumunan orang yang berkumpul di kuil Sufi terkenal Lal Shahbaz Qalandar di Sehwan, sebuah kota di Provinsi Sindh. Kantor berita yang berafiliasi dengan ISIS, Amaq, mengklaim kelompok militan itu adalah pelaku pemboman seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (17/2/2017).

Ini adalah serangan terbaru yang ditujukan pada umat tasawuf yang dibenci oleh kaum fundamentalis radikal.

"Ledakan itu terjadi ketika sejumlah besar orang berada di dalam batas suci. Sejumlah besar orang datang ke tempat itu setiap hari Kamis untuk mengambil bagian dalam tarian ritual dan doa. Hal ini tidak mungkin untuk menjamin keamanan setiap orang datang dan pergi," kata seorang perwira polisi setempat.

Pengawas medis di rumah sakit Sehwan, Muheen Ahmed menegaskan 30 orang tewas dan mengatakan perempuan dan anak-anak termasuk di antara mereka yang tewas. Namun sejumlah berita lokal melaporkan angka yang lebih tinggi.

Sementara dokter rumah sakit, Dr Ahmed mengatakan, rumah sakit tidak memiliki tempat tidur yang diperlukan untuk menampung para korban. Sejumlah korban telah dikirim ke Hyderabad, yang jaraknya 90 mil.

Telah terjadi lonjakan serangan teroris di Pakistan dalam beberapa hari terakhir, termasuk serangan terhadap demonstran damai di jantung kota Lahore. Serangan bom lain di Quetta menewaskan dua polisi dan ledakan di kota perbatasan Peshawar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4986 seconds (0.1#10.140)