Delegasi ECOWAS Sambangi Niger, Bertemu Presiden yang Digulingkan

Minggu, 20 Agustus 2023 - 07:54 WIB
loading...
Delegasi ECOWAS Sambangi Niger, Bertemu Presiden yang Digulingkan
Delegasi ECOWAS sambangi Niger, bertemu para pejabat militer yang melakukan kudeta dan presiden terguling Mohamed Bazoum. Foto/Ilustrasi
A A A
NIAMEY - Delegasi ECOWAS mengunjungi Niger untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat yang merebut kekuasaan juga bertemu dengan Presiden terguling Mohamed Bazoum pada Sabtu. Hal itu diungkapkan seorang sumber yang dekat dengan blok Afrika Barat kepada AFP.

"Bazoum dalam semangat yang baik," tambah sumber itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (20/8/2023).

Seorang jurnalis kantor berita Niger di istana kepresidenan membenarkan bahwa pertemuan itu telah terjadi.

Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) telah setuju untuk mengaktifkan "pasukan siaga" sebagai upaya terakhir untuk memulihkan demokrasi di Niger setelah para jenderal menggulingkan dan menahan Bazoum pada 26 Juli.

Tapi dikatakan mendukung dialog untuk meredakan krisis.



Sebuah pesawat yang membawa delegasi tersebut mendarat di ibu kota Niamey sekitar pukul 13.00 waktu setempat, sehari setelah kepala militer blok itu mengatakan mereka siap campur tangan untuk mengembalikan Bazoum.

Dewan militer pemerintahan Niger mengkonfirmasi kedatangan perwakilan ECOWAS, yang dipimpin oleh mantan pemimpin Nigeria Abdulsalami Abubakar.

Delegasi ECOWAS sebelumnya yang dipimpin oleh Abubakar awal bulan ini mencoba untuk bertemu Bazoum dan pemimpin kudeta, Jenderal Abdourahamane Tiani, namun gagal.

Sebuah sumber yang dekat dengan delegasi ECOWAS yang terakhir mengatakan akan mengirimkan "pesan tegas" kepada para perwira militer dan bertemu Bazoum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)