Trump Murka Soal Dolar dan Posisi Geopolitik AS: Kita Seperti Negara Dunia Ketiga

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 02:01 WIB
loading...
A A A
Tidak ada presiden yang pernah mencoba membayar utang nasional AS, yang saat ini mencapai USD32,6 triliun menurut perhitungan Departemen Keuangan sendiri.

Meski demikian, beberapa perkiraan menunjukkan utang itu mungkin beberapa kali lipat lebih besar dari itu.

Trump sendiri menambahkan USD6,7 triliun ke angka itu, menempatkannya di belakang Bush dan Barack Obama dalam hal utang tetapi di atas Biden.

Namun, Biden masih memiliki waktu satu setengah tahun untuk mengejar ketinggalan, dengan program pengeluaran yang secara teoritis tidak berdasar seperti pengampunan pinjaman mahasiswa dan konflik di Ukraina.

Ketidakstabilan ekonomi AS yang tampak jelas, membuat peringkat kredit Washington baru-baru ini diturunkan oleh Fitch Ratings dari AAA menjadi AA+ untuk kedua kalinya dalam sejarah.

Saat ini semakin banyak negara yang mendapati diri mereka berada di ujung yang salah dari sanksi AS telah berkontribusi pada situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam tingkat kepentingan membuang dolar sebagai mata uang cadangan.

Sanksi-sanksi ini telah mengilhami negara-negara BRICS untuk merumuskan alternatif untuk sistem transfer bank internasional SWIFT AS. Landasan itu diperlukan untuk menjauh dari dolar.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0807 seconds (0.1#10.140)