Merespons Kesuksesan Rusia di Medan Perang, AS Sepakat Kirim F-16 ke Ukraina

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 07:26 WIB
loading...
Merespons Kesuksesan Rusia di Medan Perang, AS Sepakat Kirim F-16 ke Ukraina
AS segera mengirim pesawat tempur F16 ke Ukraina. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyetujui pengiriman jet tempur F-16 ke Ukraina dari Denmark dan Belanda untuk bertahan melawan Rusia. Itu dilakukan setelah pelatihan pilot Ukraina selesai.

Ukraina secara aktif mencari jet tempur F-16 buatan AS untuk membantunya melawan superioritas udara Rusia.

Washington memberikan jaminan resmi Denmark dan Belanda bahwa Amerika Serikat akan mempercepat persetujuan permintaan transfer F-16 untuk pergi ke Ukraina ketika pilot dilatih. Itu diungkapkan seorang pejabat AS kepada Reuters.



Denmark dan Belanda baru-baru ini meminta jaminan tersebut. AS harus menyetujui transfer jet militer dari sekutunya ke Ukraina.

Koalisi 11 negara akan mulai melatih pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur F-16 bulan ini di Denmark. Menteri Pertahanan Denmark Troels Poulsen mengatakan pada Juli bahwa negara itu berharap untuk melihat "hasil" dari pelatihan tersebut pada awal 2024.

Anggota NATO Denmark dan Belanda telah memimpin upaya internasional untuk melatih pilot serta staf pendukung, memelihara pesawat dan akhirnya memungkinkan Ukraina memperoleh F-16 untuk digunakan dalam perangnya dengan Rusia.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengirim surat kepada mitranya di Denmark dan Belanda untuk meyakinkan mereka bahwa permintaan itu akan disetujui.

“Saya menulis untuk menyatakan dukungan penuh Amerika Serikat untuk transfer pesawat tempur F-16 ke Ukraina dan untuk pelatihan pilot Ukraina oleh instruktur F-16 yang berkualitas,” kata Blinken dalam sebuah surat kepada dua pejabat tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)