Semarak HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di UEA, Burj Khalifa Menyala Merah Putih

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 00:16 WIB
loading...
Semarak HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di UEA, Burj Khalifa Menyala Merah Putih
KBRI Abu Dhabi menggelar upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (17/8/2023). Foto/KBRI Abu Dhabi
A A A
ABU DHABI - Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tak hanya terasa di Tanah Air, tapi juga di Uni Emirat Arab (UEA). Bendera nasional Indonesia, Merah Putih, ditayangkan di 16 gedung ikonik UEA, termasuk Burj Khalifa, pada malam 17 Agustus 2023.

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk UEA YM Husin Bagis dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews.com, Kamis (17/8/2023).

Nyala bendera Merah Putih di Burj Khalifa menjadi momen paling ditunggu masyarakat Indonesia. Menurut Dubes Husin, ditayangkannya bendera nasional Indonesia di gedung-gedung ikonik tersebut menunjukkan kedekatan hubungan antara kedua negara.

HUT ke-78 Kemerdekaan RI juga dirayakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi dengan menggelar berbagai rangkaian lomba yang dimulai sejak tanggal 25 Juli hingga 12 Agustus 2023.
Semarak HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di UEA, Burj Khalifa Menyala Merah Putih

Foto/TikTok

Menurut KBRI, terdapat sekitar 10 lomba yang telah diselenggarakan. Di antaranya; lomba bowling bersama masyarakat ASEAN dan diaspora Indonesia, lomba Young Entrepreneur Competition, memancing, tenis meja, catur, gaple, karaoke, badminton, dan lomba untuk anak-anak.

Menariknya, peserta yang terlibat dalam lomba-lomba ini beragam, tidak hanya masyarakat Indonesia yang tinggal di UEA melainkan juga masyarakat ASEAN.

Pelaksanaan lomba tersebut dilakukan sebagai ajang silahturahmi bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di UEA serta memperkuat rasa kekeluargaan dan solidaritas.

Beberapa lomba juga diselenggarakan berkat kerja sama dengan berbagai pihak di UEA seperti pelaksanaan lomba Young Entrepreneur Competition yang terlaksana atas kerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan KJRI Dubai.

“Pelaksanaan lomba-lomba untuk peringatan HUT RI merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya bagi KBRI Abu Dhabi. Namun untuk tahun ini, perbedaannya, kami mengajak tidak hanya masyarakat Indonesia melainkan juga masyarakat ASEAN, mengingat tahun ini Indonesia memegang keketuaan ASEAN,” kata Dubes Husin.

“Alhamdulillah kita juga bisa melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih yang pertama kalinya di gedung baru KBRI. Tidak hanya itu, seluruh kegiatan untuk perayaan HUT ke-78 RI berjalan lancar berkat dukungan seluruh komunitas masyarakat Indonesia serta partisipasi aktif warga Indonesia di UEA dan kerja sama yang baik dari pihak terkait seperti MES dan KJRI Dubai,” lanjut Husin.
Semarak HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di UEA, Burj Khalifa Menyala Merah Putih

Foto/KBRI Abu Dhabi

Dubes Husin berharap Indonesia akan terus maju, lebih kuat dan sejahtera dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk Indonesia dan UEA, saya berharap kerja sama di berbagai bidang dapat terus ditingkatkan. Tahun ini kita sudah punya CEPA yang akan mulai diimplementasikan sekitar bulan September 2023. Sebelumnya berkat bantuan UEA, Indonesia juga sudah punya Indonesia Investment Authority (INA) yang Insya-Allah telah dan akan terus menarik berbagai investor global,” paparnya.

Menurut Husin, kedua negara juga memiliki kerja sama imam. ”Masyarakat Indonesia di UEA juga bisa melihat nama presiden kita pada Jalan Presiden Joko Widodo dan Masjid Joko Widodo di Abu Dhabi yang akan selesai dalam tahun ini. Sebaliknya di Indonesia, kita juga bisa melihat jalan tol MBZ [Mohammed bin Zayed] dan Masjid Sheikh Zayed di Solo. Begitu dekatnya hubungan antar-kedua negara yang didukung oleh hubungan persaudaraan kedua kepala negara. Ini adalah pertanda baik dan harus terus dipupuk,” papar Dubes Husin.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)