Inilah Drone 'Bayi Laut', Senjata Ukraina yang Repotkan Armada Laut Hitam Rusia

Kamis, 17 Agustus 2023 - 00:31 WIB
loading...
Inilah Drone Bayi Laut, Senjata Ukraina yang Repotkan Armada Laut Hitam Rusia
Inilah drone Bayi Laut Ukraina yang merepotkan Armada Laut Hitam Rusia. Senjata itu pula yang menyerang Jembatan Crimea. Foto/SBU
A A A
KYIV - Ukraina akhirnya mengungkap senjata yang selama ini merepotkan Armada Laut Hitam Rusia dengan rentetan serangannya. Senjata itu adalah drone waterborne (USV) "Sea Baby" atau "Bayi Laut".

Drone laut ini pula yang digunakan pasukan Kyiv untuk menyerang Jembatan Kerch atau Jembatan Crimea pada Juli. Dinas Keamanan Ukraina (SBU) kepada CNN menunjukkan video yang menunjukkan drone laut "Sea Baby" menyerang Jembatan Kerch.

Kapal perang Olengorskiy Gornyak dari Armada Laut Hitam Rusia dan kapal tanker SIG Moskow di Laut Hitam telah menjadi target serangan drone laut Kyiv tersebut.

Jembatan Crimea, yang merupakan jembatan terpanjang di Eropa, telah menghubungkan daratan Rusia dengan semenanjung Crimea, wilayah Ukraina yang dianeksasi Rusia pada 2014. Namun Moskow menolak narasi aneksasi,menegaskan bahwa Crimea memilih bergabung dengan Rusia melalui referendum.



Kyiv telah bersumpah untuk merebut kembali Crimea, wilayah yang juga menawarkan rute pasokan bagi pasukan Rusia di daratan selatan Ukraina yang diduduki melalui jembatan Chonhar ke Kherson.

Pada Oktober 2022, Jembatan Kerch rusak dalam ledakan yang dituduhkan Moskow pada Ukraina, meskipun Kyiv tidak pernah secara resmi mengeklaim bertanggung jawab atas ledakan itu.

Vasyl Maliuk, kepala SBU Ukraina, mengatakan kepada CNN; "Drone permukaan laut adala penemuan unik dari Dinas Keamanan Ukraina daripada usaha swasta," dan mengakui peran Ukraina dalam serangan Oktober dan Juli.

"Kami sedang mengerjakan sejumlah operasi baru yang menarik, termasuk di perairan Laut Hitam," kata Maliuk. "Saya berjanji, ini akan menyenangkan, terutama untuk musuh kita."

Maliuk mengatakan drone "Sea Baby" ini telah digunakan untuk melakukan "serangan sukses" di Jembatan Kerch, kapal perang Rusia, Olenegorskiy Gornyak, dan kapal tanker SIG Moskow di Laut Hitam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)