7 Tradisi Unik saat Hari Kemerdekaan di Dunia, Ada Kompetisi Alkitab hingga Lomba Perahu

Rabu, 16 Agustus 2023 - 11:56 WIB
loading...
7 Tradisi Unik saat Hari Kemerdekaan di Dunia, Ada Kompetisi Alkitab hingga Lomba Perahu
Para penampil mengibarkan bendera Filipina pada perayaan Hari Kemerdekaan di Manila. Foto/Cheryl Ravelo/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Hari Kemerdekaan jadi salah satu hari penting dan bahkan dianggap sakral oleh beberapa negara. Mereka merayakan hari kebebasan tahunan ini dengan berbagai cara yang unik hingga menghasilkan sebuah tradisi.

Misalnya saja di Indonesia yang setiap setahun sekali untuk memeriahkan hari kemerdekaan selalu mengadakan lomba-lomba unik seperti balap karung, pecah air, hingga panjat pinang, selain mengadakan upacara bendera dan melakukan parade keliling.

Tidak hanya Indonesia, beberapa negara lain di seluruh dunia juga memiliki tradisi uniknya masing-masing. Berikut ini tujuh tradisi unik ketika hari kemerdekaan di beberapa negara.

7 Tradisi Unik saat Hari Kemerdekaan di Dunia

1. India


India merdeka pada tanggal 15 Agustus 1947 dari tangan Inggris. Untuk merayakan hari kemerdekaan, masyarakat akan menghias rumah mereka dengan pernak pernik budaya.

Upacara Bendera tahunan juga dilaksanakan di negara berjuluk Anak Benua ini.

Satu hal yang unik dari masyarakat India untuk merayakan kemerdekaan adalah dengan menerbangkan layang-layang.

Sehingga pada hari kemerdekaan, langit India akan dihiasi dengan ribuan layang-layang yang melambangkan kebebasan bagi mereka.

2. Ghana


Negara yang merdeka pada 6 Maret 1957, akan selalu merayakan kemerdekaan dengan pesta kembang api, dan parade keliling. Namun dengan adanya perayaan kemerdekaan ini justru membuat jalanan Ghana semakin macet.

Terlepas dari dampak itu terdapat satu tradisi unik yang dilakukan, yaitu dengan melakukan tarian gabungan antara unsur tari tradisional dan hip hop.

Tarian kemerdekaan ini kerap dilakukan oleh mereka yang tinggal di wilayah pesisir pantai.

3. Filipina


Setiap tanggal 2 Juni di Filipina biasanya akan digelar parade dan kampanye menarik. Namun perayaan ini tak hanya dilakukan di Filipina saja, terdapat beberapa komunitas yang tinggal di negara lain untuk melakukan hal sama.

Parade yang ditunjukkan Filipina ini meliputi pertunjukkan budaya dan sejumlah pameran. Salah satu ciri khas unik dari parade ini adalah dengan membuat kompetisi Miss Kemerdekaan Filipina, dimana pemenang kompetisi tersebut akan mendapat hadiah uang tunai dan diarak bersamaan dengan parade yang ada.

4. Prancis


Setiap tahun, Prancis merayakan kemerdekaan negara mereka dari tirani kerajaan yang menindas pada 14 Juli, atau biasa disebut peringatan penyerbuan Bastille.

Hari itu biasanya dirayakan dengan parade militer yang megah dan pesta kembang api di beberapa wilayah.

Selain itu terdapat pula tradisi unik yang dilakukan oleh para Pemadam Kebakaran di Prancis untuk merayakan hari ini.

Para Pemadam Kebakaran ini akan membuka tempatnya untuk umum dan menghibur setiap tamu yang datang.

5. Peru


Peru yang mendedikasikan hari kemerdekaannya pada tanggal 28 Juli ini akan mengadakan pawai besar. Dimana perayaan nasional ini akan dipimpin Uskup Agung ibu kota dan dihadiri Presiden Republik.

Selama beberapa jam setiap hari kemerdekaan, di Peru akan penuh sesak dengan pawai raksasa yang melibatkan ratusan orang mengenakan kostum warna-warni.

6. Israel


Setahun sekali, orang Israel akan berkumpul di Yerusalem untuk menghadiri upacara resmi. Acara tersebut menandai akhir dari Yom Hazikaron (Hari Peringatan), dan awal dari Yom Ha'atzmaut (Hari Kemerdekaan), dan melibatkan upacara penyalaan dua belas obor (yang melambangkan dua belas suku Israel).

Perayaan yang paling populer di Israel kala menyambut hari kemerdekaan adalah mengadakan kompetisi tentang Alkitab Yahudi.

Kuis yang melibatkan siswa sekolah menengah itu menguji kemampuan peserta dalam menghafal dan memahami teks suci.

7. Australia


Festival, konser, dan berbagai kegiatan meriah akan ada di Australia untuk mengenang hari dikibarkannya bendera Inggris pertama kali pada 26 Januari.

Setiap kota besar di Australia, yang utamanya di pesisir akan mengadakan lomba perahu yang terkenal di dunia. Selain itu ada pula pertunjukan kembang api yang megah dan pesta besar.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)