Seminggu, Libya Cegat 1.131 Migran di Lepas Pantai Sabratha

Minggu, 05 Februari 2017 - 02:46 WIB
Seminggu, Libya Cegat 1.131 Migran di Lepas Pantai Sabratha
Seminggu, Libya Cegat 1.131 Migran di Lepas Pantai Sabratha
A A A
TRIPOLI - Penjaga pantai Libya mencegat setidaknya 1.131 migran dekat kota barat Sabratha selama seminggu. Demikian pernyataan seorang juru bicara penjaga pantai Libya.

Ayoub Qassem mengatakan 431 migran telah dicegat dari empat perahu karet di lepas pantai Sabratha pada hari Kamis. "Para migran ilegal ini berasal dari berbagai negara sub-Sahara dan termasuk sejumlah besar perempuan dan anak-anak," kata Qassem seperti dikutip dari Reuters, Minggu (5/2/2017).

Selain itu sekitar 700 migran telah dijemput pada 27 Januari dari tiga kapal kayu di daerah yang sama. Mereka termasuk pendatang dari Suriah, Tunisia, Libya dan wilayah Palestina. Para penyelundup berusaha menghalangi para penjaga pantai untuk mengambil orang-orang pendatang dari kapal mereka.

"Para penyelundup telah mencoba untuk menggagalkan proses penangkapan dengan melepaskan tembakan ke penjaga pantai kami tapi para penjaga pantai menembak kembali dan memaksa para penyelundup untuk mundur," ungkap Qassem.

Libya telah menjadi titik utama keberangkatan untuk migran yang mencoba untuk menyeberangi Mediterania dengan perahu ke Eropa. Hal itu terjadi sejak rute antara Turki dan Yunani sebagian besar tertutup tahun lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3739 seconds (0.1#10.140)