Diancam China karena Kunjungi AS, Wapres Taiwan: Sama Sekali Tak Takut!

Senin, 14 Agustus 2023 - 11:54 WIB
loading...
A A A
China menganggap Taiwan sebagai masalah diplomatik paling penting, dan merupakan sumber gesekan terus-menerus antara Beijing dan Washington, yang merupakan pendukung dan pemasok senjata internasional terpenting pulau itu.

China sangat tidak menyukai Lai, yang sebelumnya menggambarkan dirinya sebagai "pekerja praktis untuk kemerdekaan Taiwan", sebuah garis merah untuk Beijing yang tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya.

Lai, yang telah berjanji untuk menjaga perdamaian dan status quo, menegaskan kembali di New York bahwa atas dasar martabat dan kesetaraan dia "sangat bersedia" untuk berbicara dengan China dan mengupayakan perdamaian dan stabilitas.

Tetapi Lai mengatakan dia akan melindungi kedaulatan Taiwan, bahwa hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depan mereka dan bahwa Republik China—nama resmi Taiwan—dan Republik Rakyat China "tidak saling tunduk".

Baik Taipei dan Washington bertujuan agar transit Lai di AS menjadi sederhana, dan telah meminta China untuk tidak mengambil tindakan provokatif apa pun sebagai tanggapan.

Namun, pejabat Taiwan mengatakan China kemungkinan akan meluncurkan latihan militer minggu ini di dekat Taiwan, menggunakan transit Lai di AS sebagai dalih untuk mengintimidasi pemilih menjelang pemilu tahun depan dan membuat mereka "takut perang".

Pada hari Senin, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China, yang bertanggung jawab atas daerah sekitar Taiwan, menunjukkan gambar di akun WeChat tentang pasukan yang berlatih menyerbu pantai, meskipun tidak memberikan lokasi, waktu atau secara khusus menyebutkan Taiwan.

Disebutkan bahwa tentara mengarahkan kendaraan lapis baja ke posisi garis depan musuh dan melancarkan serangan sengit.

China melakukan latihan perang di sekitar Taiwan pada bulan April setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen kembali dari California di mana dia bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy saat transit dalam perjalanan kembali dari Amerika Tengah.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)