4 Anggota yang Pernah Tinggalkan ECOWAS, Termasuk Negara Islam yang Jadi Kawan Israel

Minggu, 13 Agustus 2023 - 12:41 WIB
loading...
4 Anggota yang Pernah Tinggalkan ECOWAS, Termasuk Negara Islam yang Jadi Kawan Israel
ECOWAS, negara-negara blok ekonomi Afrika barat, mengancam menginvasi Niger sebagai respons atas kudeta militer. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada empat negara anggota yang pernah keluar dari ECOWAS, blok ekonomi Afrika barat yang mengancam menginvasi Niger.

Salah satu dari empat negara itu adalah Maroko, negara Islam yang sekarang menjadi kawan Israel setelah kedua negara melakukan normalisasi hubungan tahun 2020.

ECOWAS (Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat) telah mengancam akan meluncurkan intervensi militer di Niger setelah Presiden Mohamed Bazoum digulingkan junta militer pada bulan lalu.

ECOWAS ingin junta Niger mengembalikan kekuasaan kepada Presiden Bazoum.

Niger juga merupakan anggota ECOWAS. Tidak semua anggota blok tersebut setuju dengan rencana intervensi militer terhadap Niger. Mali dan Burkina Faso justru akan pasang badan untuk membela junta Niger.



15 Negara Anggota ECOWAS


Pada 28 Mei 1975, kepala negara dan pemerintahan dari belasan negara Afrika barat mendirikan ECOWAS ketika mereka menandatangani perjanjian blok tersebut di Lagos, Nigeria.

Belasan negara penandatangan Perjanjian Lagos adalah Benin, Burkina Faso, Pantai Gading (Côte d’Ivoire), Gambia, Ghana, Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria, Sierra Leone, Sénégal dan Togo.

Misi blok ini adalah mempromosikan integrasi ekonomi di seluruh kawasan.

Wilayah ECOWAS, yang membentang seluas 5,2 juta kilometer persegi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)